Sukses

Bangga, Program Tali Kasih Pemkot Bitung Raih Peringkat I Nasional

Penghargaaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban menerima Anugerah Paritrana 2018 yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, di Istana Negara, Rabu (3/7).

Penghargaan yang diterima pertama kalinya oleh Pemkot Bitung sekaligus menghantarkan daerah tersebut pada peringkat pertama, nasional, kategori pemerintah daerah kabupaten/kota mengalahkan Tanjung pinang dan Makasar.

Jusuf Kalla dalam sambutannya memberikan ucapan selamat dan apresiasi pada para penerima penghargaan, khususnya kepala daerah yang tak henti berupaya menyejahterkan masyarakatnya, melalui kebijakan dan inovasi. Salah satunya pada para pekerja, baik formal dan informal.

Sementara itu Lomban juga berterimakasih pada pemerintah pusat. Dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK) dan BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) yang mengapresisasi upaya Pemkot Bitung, melalui jaminan sosial ketenagakerjaan khususnya Program Tali Kasih.

"Kiranya hal ini semakin memotivasi kami untuk terus berinovasi dalam rangka menyejahterahkan masyarakat kota Bitung. Membuktikan bahwa apa yang telah kami lakukan selama ini telah berada pada jalur yang benar, sehingga prestasi dan apresiasi senantiasa diberikan oleh pemerintah pusat."

"Saya berharap melalui BPJS Ketenagakerjaan seluruh pekerja di Bitung baik sektor formal dan informal termasuk Non ASN dapat terjamin dari risiko kerja yang bisa terjadi kapan saja dan hidup lebih sejahtera," ucap Lomban.

Anugerah Paritrana ini merupakan inisiasi dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Kemenko-PMK bersama BPJSTK yang mulai digalang sejak 2017. Tujuannya adalah untuk memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah provinsi dan Kabupaten atau Kota serta Badan usaha yang dinilai telah mengimplementasikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja dengan baik.

Sekadar informasi, berikut daftar pemenang kategori pemerintah daerah:

PROVINSI:

  1. Jawa Tengah
  2. Sumatera Selatan
  3. Bangka Belitung

KABUPATEN/KOTA:

  1. Bitung
  2. Tanjung Pinang
  3. Makassar

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.