Sukses

Polisi Tambah 81 Kamera Tilang Elektronik Pada September

Puluhan kamera yang disubsidi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta itu, rencananya akan ditempat sejumlah titik di Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berencana akan menambah 81 kamera tilang elektronik (e-TLE) pada September 2019. Puluhan kamera yang disubsidi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta itu, rencananya akan ditempat sejumlah titik di Ibu Kota.

"Sebanyak 81 kamera itu rencana akan dipasang antara September hingga Oktober. Itu nanti ada di beberapa titik," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Jumat (5/7/2019).

Dengan begitu, ia ingin agar masyarakat dapat disiplin dalam berkendara. Ia pun menjelaskan, kamera yang dipasang itu dapat merekam pelanggaran seperti marka jalan, lampu merah, sabuk pengaman (safety belt), ganjil-genap, penggunaan telepon genggam dan berkecepatan tinggi.

"Jadi, nanti yang kena rekam kamera CCTV kita berikan surat konfirmasi sesuai alamat STNK. Dari konfirmasi itu, mereka akan respons kalau cocok langsung kirim surat tilang ke alamat tersebut. Kita kirim kan ada foto wajah, hari apa, jam berapa kan langsung digital itu," jelasnya.

e-Tilang ini dinilai mampu menurunkan jumlah pelanggar hingga 40 persen. Ke depan, tilang elektronik ditargetkan dapat menekan jumlah pelanggaran di atas 50 persen.

Saat ini, Ditlantas Polda Metro Jaya telah mempunyai 12 kamera e-tilang. Dua kamera telah diterapkan sejak 1 November 2018 lalu. Sementara 10 kamera dengan empat fitur terbaru mulai diterapkan Senin, 1 Juli 2019.

Dua belas kamera ini ditempat di kawasan Sudirman-Thamrin. Di antaranya, JPO MRT Senayan, JPO MRT Semanggi, JPO Kementerian Pariwisata (Kemenpar), JPO MRT Kemenpan RB, Fly Over Sudirman, Simpang Bundaran Patung Kuda, Fly Over Thamrin, Simpang Sarinah, Simpang Sarinah Starbucks, dan JPO Plaza Gajah Mada.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertahap

Berikut tahapan dan rencana penempatan 81 kamera e-TLE:

Pemasangan pertama:

- Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat- Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat- Simpang Harmoni, Jakarta Pusat- Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat- Blok M, Jakarta Selatan

Pemasangan kedua:

- Grogol, Jakarta Barat- Bandara Halim Perdanakusuma, Cawang, Jakarta Timur

Pemasangan ketiga:

- Jalan H.R Rasuna said, Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan- Mampang, Jakarta Selatan

Pemasangan keempat:

- Cawang, Jakarta Timur- Jalan Panjaitan, Makasar, Jakarta Timur- Jalan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

 

Reporter: Nur Habibie

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.