Kekeringan Datangkan Berkah Bagi Penjual Rumput Pakan Ternak di Kawasan Gunung Merapi

Oleh Maria Flora pada 05 Jul 2019, 12:24 WIB

Fokus, Lombok Tengah - Akibat kekeringan yang terjadi di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), sekitar 113 hektare sawah warga terancam gagal panen.   

Untuk mencegah meluasnya gagal panen, seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (5/7/2019), Dinas Pertanian telah meminjamkan sejumlah pompa air untuk mengairi sawah warga.

Kekeringan juga melanda Kota Tasikmalaya dalam beberapa bulan terakhir. Akibatnya, Situ Gede mengering hingga permukaan air menurun 70 persen dan membuat dasar situ terlihat. 

Kondisi ini juga mengakibatkan wisata air yang berada di kawasan Situ Gede dan irigasi bagi ratusan hektare sawah warga ikut terhenti. 

Akibat kekeringan, kini muncul ladang rumput yang terhampar hijau di hampir setengah situ. Kemunculan rumput disambut gembira para peternak domba karena mereka tidak perlu jauh-jauh mencari rumput.  

Sementara di Boyolali dan Tasikmalaya, kekeringan mendatangkan berkah bagi peternak dan penjual rumput pakan ternak.

Hal yang sama juga terjadi Boyolali, Jawa Tengah. Kekeringan yang sudah melanda sekitar 55 desa, membuat para penjual rumput pakan ternak di kawasan lereng Gunung Merapi penjualannya naik hingga 10 kali lipat.