Sukses

Jokowi Diminta Pilih Menteri LHK Kalangan Profesional Rimbawan

Menurut Bambang, rimbawan bisa siapa saja. Karena yang terpenting dia adalah sosok yang bergerak dan memiliki rekam jejak kuat di sektor kehutanan.

Liputan6.com, Jakarta - Juru bicara Komunitas Rimbawan Nusantara (KRN) Bambang Soepijanto berpendapat, sebaiknya Presiden Jokowi  memilih nama calon menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dari kalangan profesional rimbawan.

"Kalau figur tentu banyak, tapi kriteria yang wajib adalah profesional rimbawan yang berani dan siap menerima segala risikonya," ujar Bambang kepada wartawan, Senin (26/8/2019).

Bambang pun menjelaskan apa itu profesional rimbawan. Menurutnya, rimbawan bisa siapa saja. Karena yang terpenting dia adalah sosok yang bergerak dan memiliki rekam jejak kuat di sektor kehutanan. 

Tentunya, lanjut Bambang, profil profesional rimbawan itu harus mempunyai kapabilitas, baik kompetensi kualifikasi dan rekam jejak yang mampu menyeimbangkan aspek ekologi, ekonomi dan sosial.

"Jadi kalau dia lulusan fakultas kehutanan tapi kerja di bank ya tidak bisa dikatakan rimbawan. Dan kita ingin kementerian LHK dipimpin oleh profesional rimbawan yang suah teruji," paparnya.

Bambang juga berharap, siapa pun yang dipilih oleh Jokowi untuk menjadi menteri LHK, maka figur itu dipastikan memiliki jiwa petarung, berfikir keluar dari box, dan dia punya visi yang luar biasa untuk memajukan, membangkitkan kembali kehutanan dan industrinya.

"Saya pikir itu menjadi syarat bagi pemimpin yang akan mengendalikan Kementerian Kehutanan 5 tahun mendatang. Jadi bukan profesional umum, tapi profesional rimbawan," tegasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.