Sukses

Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Tambrauw Papua Barat

BMKG menyebut, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,2 mengguncang Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat, Kamis (4/7/2019) pukul 08.15 WIT. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong, pusat gempa bumi terletak pada koordinat 0.21 lintang utara dan 132.66 bujur timur yang berjarak 83 km Barat Laut Kabupaten Tambrauw dengan kedalaman 149 km.

Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, lindu tersebut merupakan gempa bumi dangkal akibat sesar aktif. Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut.

Dilansir Antara, hingga kini hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.