Prabowo Masuk Radar Capres 2024 versi LSI, Gerindra: Belanda Masih Jauh

Oleh Liputan6.com pada 03 Jul 2019, 16:31 WIB
Diperbarui 03 Jul 2019, 16:31 WIB
Prabowo Tanggapi Pernyataan Hendropriyono Soal WNI Keturunan Arab
Perbesar
Capres Prabowo Subianto didampingi sejumlah pengurus BPN memberikan keterangan terhadap wartawan di Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (8/5). Prabowo mengkritik pernyataan Hendropriyono yang mengingatkan sejumlah WNI keturunan arab untuk tidak menjadi provokator. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Nama Prabowo Subianto masuk dalam radar capres potensial 2024 dalam survei LSI Denny JA. Menurut Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade, Prabowo bakal maju kembali jika rakyat menginginkan.

"Kalau memang Pak Prabowo dibutuhkan rakyat diinginkan rakyat, tentu Gerindra siap mendukung Pak Prabowo lagi 2024 kenapa tidak gitu. Tapi intinya Belanda masih jauh," kata Andre di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/7).

"Kalau dirasakan manfaatnya oleh rakyat dan rakyat menginginkan Pak Prabowo di 2024 kenapa enggak," tambahnya lagi.

Menurutnya, usia bukanlah masalah untuk maju sebagai kandidat capres. Andre mencontohkan pemimpin negara lain seperti PM Malaysia Mahathir Muhammad maupun Cawapres Ma'ruf Amin yang baru terpilih.

"Mahathir aja 92 tahun masih jadi PM, kiai Ma'ruf 76 masih jadi wapres, 2024 kan Pak Prabowo baru 72 tahun. Kalau masih sehat kenapa enggak," tuturnya.

Andre enggan berandai-andai dalam dinamika politik ke depan. Menurutnya, Prabowo bisa mengusung politikus muda yang memiliki kualitas untuk memimpin Indonesia di 2024.

"Siapa tahu Pak Prabowo juga enggak mau, memberikan kesempatan kepada yang muda kan bisa juga. Jangan berandai-andai lah, masih jauh," imbuhnya.

 

2 dari 3 halaman

15 Nama

Senyum Prabowo-Sandi Terima Putusan MK
Perbesar
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (tengah) didampingi cawapres Sandiaga Uno (kanan) saat memberi ketarangan terkait hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta, Kamis (27/6/2019). Prabowo dan Sandiaga menyatakan menerima putusan MK terkait sengketa Pilpres 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis 15 nama yang digadang-gadang sebagai tokoh potensial calon presiden pada 2024. Peneliti LSI, Rully Akbar mengatakan, ada empat landasan yang dijadikan unsur kelaikan mereka maju sebagai pengganti Presiden Joko Widodo yang baru saja terpilih kembali di 2019.

"Pertama, mereka yang pernah menjabat di pemerintahan pusat, kedua seorang ketua umum partai, ketiga memiliki jenjang sebagai pemimpin di pemerintahan daerah, keempat seorang dari profesional," kata Rully di Kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (2/7).

Hasilnya, dari pemetaan dilakukan LSI bersumber dari empat landasan tersebut, ada 15 nama tertangkap radar. Salah satunya Prabowo Subianto. Nama Prabowo masih masuk dalam radar potensial untuk maju kembali ke kancah bursa pemilihan presiden 2024.

Berikut daftar 15 nama tersebut:

1. Ridwan Kamil

2. Ganjar Pranowo

3. Anies Baswedan

4. Khofifah Indar Parawansa

5. Prabowo Subianto

6. Sandiaga Uno

7. Airlangga Hartarto

8. Agus Harimuri Yudhoyono

9. Puan Maharani

10. Muhaimin Iskandar

11. Sri Mulyani

12. Budi Gunawan

13. Tito Karnavian

14. Gatot Nurmantyo

15. Mister/ Mrs. X

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓