Sukses

Jaring Pengurus Baru, PSI Jakarta Gelar Seleksi Terbuka

Michael menilai, selama ini partai politik memiliki citra negatif di publik karena bersifat tertutup.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta membuka pendaftaran dan seleksi terbuka untuk menjaring pengurus partai pimpinan Grace Natalie tersebut. Ketua DPW PSI Jakarta Michael Victor Sianipar mengatakan, langkah ini penting dalam rangka memberi kesempatan bagi masyarakat untuk ikut mengawal anggota DPRD DKI terpilih dari PSI.

"PSI berterima kasih atas dukungan warga Jakarta sehingga memenangkan 8 kursi DPRD. Namun, ini baru awal perjuangan. Kami harap dan minta bantuan teman-teman untuk terlibat juga sebagai pengurus partai dan bantu awasi baik dari luar maupun dari dalam, agar anggota DPRD terpilih benar-benar kerja serius dan tidak korupsi," ujar Michael di Jakarta Senin (1/7/2019).

Michael menilai, selama ini partai politik memiliki citra negatif di publik karena bersifat tertutup. Sebagai partai modern, PSI ingin memulai langkah melibatkan publik untuk membangun dan menjalankan fungsi partai politik sebagai tempat menyeleksi, mempersiapkan, dan mengawal politisi-politisi yang duduk di kursi kekuasaan.

"Di Jakarta, kami punya filosofi bahwa pengurus partai harus membantu pejabat publik yang terpilih dari partai tersebut. Anggota DPRD PSI adalah pelayan publik. Sebagai pengurus PSI, kami adalah pelayan mereka, atau dengan kata lain, kami adalah pelayannya pelayan publik," terang Michael.

PSI ingin menjadi partai yang inklusif dengan membuka ruang bagi masyarakat luas mengambil peran. Masyarakat dapat mendaftar untuk menempati posisi mulai dari Wakil Ketua Provinsi, Pengurus Kota/Kabupaten, hingga Pengurus Kecamatan. Semua tahapan dimulai dari aplikasi online dari website dan akan melalui wawancara dan tes kompetensi.

"Sekarang kami sudah punya perwakilan DPRD. Pengurus nantinya bertugas menjaring aspirasi dan mengusulkan ke Fraksi kami apa saja yang perlu dibuatkan peraturan daerahnya, apa yang perlu dianggarkan, termasuk juga membantu mereka turun ke lapangan menjalankan fungsi pengawasan," kata Michael.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Bekerja

Michael berharap, menjelang dilantiknya DPRD Jakarta 2019-2024 di akhir Agustus nanti, PSI Jakarta akan memiliki kepengurusan baru yang lengkap dan siap kerja. 

Dia juga meyakini langkah tersebut mampu menjadi inovasi di mana pengurus partai benar-benar datang dari publik dan tidak dikuasai elit-elit politik saja. PSI Jakarta juga berharap lebih banyak lagi perempuan dan muda-mudi yang mau aktif menjadi pengurus partai.

"Kami bukan partai elitis. Semua sama, semua punya kesempatan. Prinsipnya, Anda harus antikorupsi dan antiintoleransi. Kami mengajak publik yang peduli agar jangan hanya kritik dari luar. Masuk ke dalam sistem. Kemarin tidak nyaleg atau nyaleg namun tidak terpilih, tidak apa. Anda bisa jadi pengurus di PSI Jakarta dan ambil peran aktif. Sebagai pengurus PSI Jakarta, masa depan Jakarta juga Anda turut putuskan dan tentukan," tutup Michael.

Hingga Senin 1 Juli, sudah 231 orang mendaftarkan diri untuk menjadi pengurus PSI Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.