Sukses

Dahnil Anzar: Prabowo Siap Bertemu Jokowi Kapan Saja

Namun Dahnil menolak istilah rekonsiliasi dalam pertemuan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Prabowo Subianto siap bertemu Joko Widodo atau Jokowi pasca-Pilpres 2019. Ketua Umum Partai Gerindra itu siap bertemu presiden terpilih periode 2019-2024 kapan saja.

"segera saya pikir, Pak Prabowo kan bicara sejak awal terbuka untuk komunikasi dengan siapa pun termasuk Jokowi dan Kyai Ma'ruf. Jadi Prabowo any time saya pikir akan bersedia atau mau bertemu," ujar Dahnil saat ditemui di Kampus Untirta Banten, Senin (01/07/2019).

Dahnil menolak pertemuan tersebut dengan istilah rekonsiliasi, melainkan silaturahmi. Alasannya, selama Pilpres 2019 berlangsung tidak ada konflik atau permusuhan antara Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga.

"Kompetisi politik itu bukan konflik. Jadi menurut saya, narasi rekonsiliasi enggak tepat digunakan. Kalau silaturahim enggak masalah," katanya menjelaskan.

Sedangkan terkait soliditas parpol koalisi BPN yang kini disebut dengan istilah kaukus politik, partai pengusung akan berbicara serius untuk memenangkan Pilkada 2020 mendatang.

"Misalkan kita punya 200 lebih pilkada, kita akan bicara dan bersamaan. Coffee morning istilahnya, di Hambalang, bicara langkah-langkah politik selanjutnya," kata mantan Ketum PP Pemuda Muhammadiyah itu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bola di Tangan Prabowo

Terkait rencana rekonsiliasi pasca-Pilpres 2019, Jokowi memberikan bolanya ke tangan Prabowo. Kendati, Jokowi menyatakan siap kapan saja bertemu mantan Danjen Kopassus itu.

Hal itu disampaikan Jokowi usai ditetapkan KPU sebagai presiden terpilih periode 2019-2024.

"Tanyakan ke Pak Prabowo kapan ketemu Jokowi," kata Jokowi di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (30/6/2019).

Jokowi juga mengajak, kepada seluruh masyarakat untuk tidak lagi membahas perbedaan politik setelah KPU menetapkan presiden dan wakil presiden terpilih.

"Jangan ada lagi 01, 02. Jangan sampai ada lagi antara tetangga tidak saling sapa, tidak saling omong, karena semua kita adalah saudara sebangsa dan setanah air," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.