Sandiaga ke Jokowi-Ma'ruf: Selamat Menjalankan Amanah Rakyat

Oleh Liputan6.com pada 01 Jul 2019, 13:51 WIB
Sandiaga Salahuddin Uno

Liputan6.com, Jakarta - Sandiaga Salahuddin Uno mengucapkan selamat bekerja kepada presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dia berharap, keduanya amanah mengemban tugas rakyat.

"Saya mengucapkan selamat bekerja, selamat menjalankan amanah rakyat, selamat berjuang untuk terus mencapai cita-cita keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Sandiaga lewat akun Instagramnya.

Sandiaga menambahkan, dalam setiap pemilihan umum pasti ada yang dipilih dan ada yang belum terpilih. Dia memahami bahwa yang belum terpilih atau yang tidak dinyatakan sebagai pemenang memiliki rasa kacewa.

"Saya ingin mengajak seluruh pendukung kami paslon 02 dan mengajak seluruh rakat Indonesia untuk memaknai kekecewaan itu sebagai sebagai wujud kesyukuran mencintai negara dan bangsa Indonesia," ucapnya.

"Karena ini kita sungguh-sungguh ingin berperan dalam membangun bangsa dan negara kita maka wajar saja kalau kita kecewa. Oleh sebab itu marilah kita karena itu mari jaga energi positif itu," tambahnya.

Sandiaga melanjutkan, bahwa dirinya tetap akan berjuang untuk bangsa dan negara. Menurutnya, berjuang untuk negara tak mesti masuk dalam struktur pemerintahan.

"Perjuangan kita tidak berhenti sampai di sini, dan perjuangan untuk memajukan bangsa dan negara tidak harus selalu dalam struktur pemerintahan. Ikhtiar untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan, mewujudkan kedilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dapat dilakukan dalam banyak cara," tandasnya.

 

 

2 of 3

Penetapan KPU

KPU Tetapkan Jokowi-Ma’ruf Amin Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih
Pasangan Presiden dan Wapres terpilih, Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada Rapat Pleno Terbuka Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (30/6/2019). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pilpres 2019. Penetapan ini dilakukan pada rapat pleno terbuka KPU, Minggu (30/6/2019) setelah Mahkamah Konstitusi menolak permohonan sengketa Pilpres 2019 yang diajukan Prabowo-Sandiaga Uno.

"Menetapkan pasangan calon nomor urut 1, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dengan perolehan suara 85.607.362 atau 55,50 persen sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih 2019," ujar Komisioner KPU Evi Novida Ginting, Jakarta, Minggu (30/6/2019).

Berdasarkan penghitungan suara yang dikumpulkan di 34 provinsi, Jokowi-Ma'ruf Aminmendapatkan 55,50 persen atau 85.607.362 suara. 

Sementara, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 44,50% atau 68.650.239 suara. KPU menyebut, jumlah suara sah nasional sebanyak 154.257.601.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com dari rekapitulasi akhir KPU, pasangan calon nomor urut 01 unggul di 21 provinsi dan pasangan nomor urut 02 unggul di 13 provinsi. Data resmi itu telah disahkan, tertanggal Senin 20 Mei 2019, sekitar pukul 24.00 WIB.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓