6 Hal Mengenai Perempuan Pembawa Anjing Masuk Masjid

Oleh Devira Prastiwi pada 01 Jul 2019, 12:32 WIB
Diperbarui 02 Jul 2019, 15:14 WIB
Achmad Sudarno/Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video seorang perempuan membawa anjing dan masuk ke dalam masjid tanpa melepas alas kaki, viral di media sosial.

Dalam video tersebut, terlihat sang perempuan marah-marah saat ditegur oleh orang yang berada di dalam masjid lantaran ia membawa anjing masuk ke dalam masjid dan tanpa melepaskan alas kaki.

Belakangan diketahui kejadian itu terjadi di Masjid Al Munawaroh Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 30 Juni 2019. Perempuan itu berinisial SM.

SM kala itu memperkenalkan agamanya dan berusaha mencari suaminya yang disebutnya pindah agama kemudian akan melangsungkan pernikahan di masjid itu.

SM akhirnya berhasil digiring keluar masjid oleh para jemaah dan pengurus masjid. Ia terus marah-marah hingga akhirnya aparat kepolisian datang dan mengamankannya.

Berikut 6 hal tentang perempuan yang membawa anjing masuk ke dalam masjid seperti dihimpun Liputan6.com

2 of 8

1. Mengamuk dan Melepaskan Anjing

Tak Hanya Kucing Oranye, 7 Tingkah Laku Anjing Oranye Ini Bikin Tepuk Jidat
Tak Hanya Kucing Oranye, 7 Tingkah Laku Anjing Oranye Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Instagram.com/dog.lovers)

Berdasarkan keterangan beberapa orang saksi, SM sambil menggendong anjing secara tiba-tiba masuk ke dalam masjid tanpa melepas alas kaki.

Melihat hal tersebut, salah seorang petugas keamanan masjid dan jemaah menegur serta memintanya untuk keluar dari area masjid.

Akan tetapi, SM justru malah mengamuk dan melepaskan hewan peliharaannya itu di atas karpet masjid.

Menurut keterangan beberapa warga, SM sengaja membawa anjing untuk mengendus keberadaan suaminya yang dikabarkan hendak menikah lagi di Masjid Al Munawaroh pada Minggu 30 Juni 2019.

"Mungkin dia pikir anjing itu bisa mencium keberadaan suaminya jika benar ada di sana," ujar salah seorang warga yang enggan disebut namanya.

Tak hanya itu, saat hendak menuju masjid SM sempat memarahi setiap jemaah yang ditemuinya tanpa alasan.

"Sudah kayak orang stres, setiap orang dimarahi," katanya.

 

3 of 8

2. Mencari Suaminya

pasangan
ilustrasi keuangan/.copyright Rawpixel

Saat itu, SM sempat memberitahu maksud kedatangannya, yaitu untuk mencari suaminya yang dikabarkan akan menikah di Masjid Al Munawaroh.

"Saat dicegah dan dihalangi, perempuan itu melakukan perlawanan. SM tetap akan masuk ke dalam untuk mencari suaminya yang akan nikah di masjid itu," ujar Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky.

Petugas keamanan masjid dan beberapa jemaah yang hendak melaksanakan salat zuhur pun terus berupaya menghalang-halangi perempuan paruh baya itu agar tidak masuk ke dalam masjid. Sementara sejumlah jemaah lainnya mengusir anjing yang sengaja dilepas oleh SM.

 

4 of 8

3. Diamankan Polisi dan Kumpulkan Saksi

Rusuh di Penjara Guyana, 16 Napi Tewas
Ilustrasi penjara Guyana (AFP)

SM yang membawa anjing ke dalam Masjid Al Munawaroh Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu kemudian ditangkap polisi.

"Ya, ini tentu meresahkan. Perempuan itu sudah kita amankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," kata Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky, saat dikonfirmasi, Minggu, 30 Juni 2019 malam.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspitalena membenarkan kejadian tersebut dan telah memintai keterangan beberapa saksi serta mengamankan pelaku SM.

"Kami sudah kumpulkan 4 orang saksi dari DKM dan jamaah mesjid Al Munawaroh untuk diperiksa," kata Ita.

Pihak kepolisian masih menyelidiki motif SM masuk dan melepaskan anjingnya di dalam Masjid Al Munawaroh Sentul itu.

"Keterangan sementara tujuannya datang ke masjid mencari suaminya," kata Ita.

 

5 of 8

4. Miliki Riwayat Depresi

Depresi
Ilustrasi depresi (iStockphoto/AntonioGuillem)

SM yang membawa anjing ke dalam Masjid Al Munawaroh di Sentul, Bogor, Jawa Barat diduga mengalami depresi atau gangguan psikologi.

Dugaan itu diperoleh setelah SM diperiksa di kantor polisi. Saat diperiksa, perempuan tersebut berteriak-teriak histeris dan memberikan keterangan berbelit-belit.

"Saat pemeriksaan tadi malam, SM emosinya meluap dan tidak memberikan keterangan secara konsisten, seperti depresi berat sehingga sulit diperiksa," kata Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky, Senin (1/7/2019).

Berdasarkan keterangan dari suaminya, lanjut Dicky, SM memiliki riwayat masalah kejiwaan. Hal tersebut dibuktikan dari rekam medis yang dikeluarkan dua rumah sakit tempat SM berobat.

"Dari keterangan suaminya, yang bersangkutan memiliki gangguan kejiwaan. Pada saat kejadian itu, suaminya juga mengaku tidak ada di masjid. Jadi tuduhan suaminya akan nikah lagi di masjid itu masih simpang siur," katanya.

Namun demikian, pemeriksaan terhadap SM bukan berarti penyelidikan perkara ini berhenti. Kepolisian membawa perempuan itu menjalani pemeriksaan kejiwaan di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur.

"Untuk memastikan hal itu, SM akan dibawa ke RS Kramatjati untuk dilakukan observasi apakah memiliki gangguan kejiwaan atau tidak," ucap Dicky.

 

6 of 8

5. Tak Ada Pernikahan

cincin pernikahan
ilustrasi cincin/Photo by rawpixel.com from Pexels

Ketua DKM Masjid Al Munawaroh, Ustaz Ade Sefurohim membantah bahwa Minggu, 30 Juni 2019 siang di masjid tersebut ada acara akad nikah warga setempat.

"Kalau ada acara pernikahan biasanya paling tidak seminggu sebelumnya ada pemberitahuan ke saya. Ini tidak ada sama sekali," ucap Ade.

Perihal SM masuk ke dalam masjid tanpa membuka alas kaki sambil membawa anjing, menurutnya dianggap sebagai bentuk penistaan agama. Karena itu, dia berharap pihak kepolisian memproses SM sesuai hukum yang berlaku.

"Agar tidak melebar ke mana-mana, harus diselesaikan secara adil. Saya khawatir umat marah melihatnya dan banyak yang datang dari mana-mana ke sini," kata Ade.

 

7 of 8

6. Kronologi Kejadian

Ilustrasi Anak Anjing
Ilustrasi anak anjing (dok. Pixabay.com/3194556/Putu Elmira)

Sebuah video viral seorang wanita mengamuk dan membawa seekor anjing masuk ke dalam masjid. Video yang diunggah akun Twitter@OppositeNewsID dan tersebar di aplikasi WhatsApp memperlihatkan, seorang wanita berbaju putih dan celana hitam, sambil menggendong anjing masuk ke dalam masjid.

Dalam video berdurasi satu menit sembilan detik itu, SM nampak berbicara dengan dua pengurus masjid, dengan nada keras. SM sempat mempertanyakan suaminya yang masuk Islam dan hendak nikah di masjid tersebut.

Wanita tersebut, lantas memperkenalkan agamanya dan menaruh anjingnya di atas karpet masjid. Sontak, kedua pengurus masjid tersebut kaget dan mempertanyakan maksud dari tindakan konyolnya tersebut.

Seorang pengurus masjid sempat adu mulut dengan SM dan meminta membawa keluar anjingnya sengaja dilepaskan di dalam masjid.

Karena permintaannya tak digubris, pria berpakaian warna oranye itu, lantas mendorong SM dan menyuruhnya keluar masjid.

Perempuan yang mengenakan baju putih itu pun berontak dan mengamuk di dalam masjid. Terlebih wanita itu ternyata masuk ke dalam masjid dengan menggunakan alas kaki.

"Suami gue mau dikawinin di sini," kata SM tersebut dengan nada marah.

Para jemaah yang ada di dalam masjid pun berhamburan sambil mengusir anjing yang sengaja dilepas oleh SM di dalam masjid tersebut.

"Usir anjingnya, anjing enggak boleh masuk masjid," ujar salah seorang jemaah wanita.

SM akhirnya keluar dari masjid sementara anjingnya kabur meninggalkan majikannya. Tak lama kemudian, petugas polisi tiba di lokasi dan meminta SM untuk pulang.

8 of 8

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓