DPD DKI Golkar Cabut Dukungan ke Bambang Soesatyo Maju Jadi Ketum

Oleh Liputan6.com pada 01 Jul 2019, 07:53 WIB
Plt Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Rizal Mallarangeng mengatakan, telah mencabut dukungan terhadap Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Liputan6.com, Jakarta - Plt Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Rizal Mallarangeng mengatakan, telah mencabut dukungan terhadap Bambang Soesatyo (Bamsoet). Hal itu karena pihaknya akan mendukung Airlangga Hartarto.

"Kami DPD Golkar DKI Jakarta solid, mendukung Airlangga Hartarto sebagai ketua umum," kata Rizal di kediamannya, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2019) malam.

Pernyataan yang disampaikan oleh Rizal itu didampingi oleh seluruh Ketua DPD Golkar tingkat II DKI Jakarta. Namun, hanya Ketua DPD Golkar Jakarta Selatan Muhammad Ikhsan Ningratubun, yang sebelumnya memberikan dukungan ke Bamsoet tampak tak bergabung dengan jajaran pimpinan.

Tapi, saat itu ia tampak hadir dan ikut berkumpul bersama dengan Rizal dan sejumlah pimpinan DPD lainnya. Tapi, Ikhsan tak ikut serta dalam memberikan pernyataan.

Meski begitu, Rizal menegaskan, pihaknya tetap solid untuk mendukung Airlangga Hartarto untuk meneruskan jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Dan bukan untuk mendukung Bamsoet.

"Kita semua solid mendukung kepemimpinan Pak Airlangga Hartarto. Dinamika partai bisa kita koreksi bisa kita perbaiki. Dukungan kepada pak bamsoet sudah dicabut secara resmi," tegasnya.

Rizal pun menjelaskan, alasan pihaknya mendukung Airlangga karena dianggap telah sukses dalam menyelamatkan Golkar dari keterpurukan, pasca konflik internal dan kasus Setya Novanto serta Idrus Marham. Airlangga juga dianggap sukses dengan membawa Golkar menduduki posisi kedua di kontestasi Pemilu Legislatif 2019.

"Airlangga dapat mengembalikan kepercayaan itu. Airlangga menggabungkan dua hal penting dalam pemerintahan, ekseskutif dan legislatif, ia juga teknopol teknokrat politician, menjembatani," jelasnya. 

2 of 3

Sebelumnya Dukung Bamsoet

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kalimantan Selatan dan enam DPD tingkat dua DKI Jakarta memberikan dukungan kepada Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo untuk maju menjadi ketua umum. Sosok Bamsoet dinilai layak memimpin partai Golkar periode selanjutnya.

"Beliau ini adalah sosok boleh dikatakan dari bawah dan aktivis kegolkarannya sudah tidak diragukan lagi dengan pengalamannya yang luar biasa," kata Ketua DPD Golkar Kalsel Sahbirin Noor di rumah dinas Bamsoet, Jalan Widya Chandra 3 No 10, Jakarta, Sabtu (29/6/2019).

 

3 of 3

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓