Menko Polhukam: Penetapan Presiden Terpilih oleh KPU, Awal Baik Bagi Indonesia

Oleh Lizsa Egeham pada 30 Jun 2019, 15:33 WIB
Wiranto Beri Arahan di Rakornas Bidang Kewaspadaan Nasional

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan presiden dan wakil presiden terpilih, Minggu (30/6/2019) sore ini. Pada penetapan ini, KPU mengundang sejumlah pihak. Salah satunya Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam), Wiranto.

Dia berharap, penetapan tersebut menjadi awal baru yang baik bagi Indonesia. 

"Saya kira kita wajib bersyukur, mudah-mudahan ini awal baik bagi Indonesia untuk kembali melakukan satu tahapan nasional yang dapat menjadi kemajuan yang bagi bangsa," ujar Wiranto di KPU, Jakarta, Minggu.

Menurut dia, penetapan presiden dan wakil presiden terpilih menjadi tanda kebersamaan harus dijalin kembali.

Dia juga menyarankan agar capres nomor urut 01 Jokowi dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto untuk segera bertemu dan membahas rekonsiliasi.

"Kita harapkan kedua tokoh Pak Prabowo dan Jokowi segera bertemu," ungkap Wiranto di KPU.

 

2 of 2

Rapat Pleno Terbuka KPU

Pengamanan Gedung KPU
Personel Brimob melakukan pengamanan di sekitar Gedung KPU, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2019). Aparat kepolisian memperketat penjagaan KPU dengan menutup Jalan Imam Bonjol menjelang rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih Pemilu 2019. (merdeka

Sebelumnya, KPU akan menetapkan presiden dan wakil presiden terpilih melalui rapat pleno terbuka yang dimulai pukul 15.30 WIB di Kantor KPU, Jakarta, pada Minggu (30/6/2019).

Pada rapat pleno tersebut, KPU mengundang masing-masing pasangan calon (paslon) beserta timnya, partai politik, dan lembaga penyelenggara pemilu seperti Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Seperti dilansir dari Antara, rencananya pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, dijadwalkan hadir dalam rapat pleno KPU tersebut.

Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Verry Surya Hendrawan mengatakan, rombongan besar Jokowi-Ma’ruf Amin akan dipimpin oleh Ketua TKN, Erick Thohir.

Usai rapat penetapan paslon, KPU akan memberikan kesempatan kepada masing-masing pasangan calon untuk melakukan konferensi pers dan memberikan sambutannya.

Lanjutkan Membaca ↓