Sukses

Komnas HAM Janji Akan Proses Aduan Massa GNKR

Pimpinan GNKR yang juga mantan Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abdullah Hehamahua tidak ikut datang ke Komnas HAM.

Liputan6.com, Jakarta - Komnas HAM hari ini menerima aduan dari massa Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR), yang mempermasalahkan timbulnya korban dalam aksi kerusuhan 21-22 Mei 2019 di wilayah Jakarta Pusat. Menanggapi laporan itu, Komnas HAM mengaku siap memproses aduan tersebut.

"Kita bisa kerja objektif dan enggak terpengaruh siapa pun. Jadi kalau ditanya takut? Enggak takut. Jelas kami kerja sendiri," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam di kantornya, Jumat (28/6/2019).

Hal ini disampaikan saat mendengar keluhan para pelapor yang hadir. Atas hal itu, Choriul menegaskan lembaganya independen. Tak ada yang bisa menekan lembaganya dalam memproses aduan ini.

"Kami independen, clear, bahwa kami kerjakan sendiri, enggak mungkin di bawah tekanan siapa pun," tegas Choirul.

Pimpinan GNKR yang juga mantan Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abdullah Hehamahua tidak ikut datang ke Komnas HAM. Abdullah sebelumnya mengatakan akan melaporkan kematian ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilu 2019 dan dugaan penganiayaan dalam kerusuhan 21-22 Mei kepada Komnas HAM.

Diketahui, GNKR yang beranggotakan massa alumni 212, beberapa kali berdemo di sekitar Patung Kuda untuk mengawal putusan sengketa Pilpres 2019. Mereka meminta MK tak memenangkan pihak yang melakukan kecurangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dijaga Ketat Polisi

Sementara itu, personel kepolisian terlihat berjaga mengawal kerumunan massa di depan kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhari, Jakarta Pusat. Selain personel kepolisian, terlihat pula dua unit mobil Baracuda yang berada di depan gedung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.