Sukses

GP Ansor: Jokowi dan Prabowo Sosok Negarawan, Rekonsiliasi Pasti Terjadi

Yaqut menilai, putusan MK sangat baik dan adil kepada semua pihak bersengketa.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, meyakini dua tokoh nasional Jokowi dan Prabowo Subianto akan segera bertemu guna proses rekonsiliasi.

Dia menilai, keduanya telah menunjukkan sikap kenegarawanan yang baik usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) semalam.

"Pak Jokowi dan Pak Prabowo, mereka berdua adalah negarawan, tahu saatnya berkompetisi dan saatnya berangkulan seiring sejalan. Jalan rekonsiliasi Insya Allah sebentar lagi terwujud,” ujar pria karib disapa Gus Yaqut ini lewat siaran pers diterima, Jumat (28/6/2019).

Gus Yaqut menilai putusan MK semalam sangat baik dan adil kepada semua pihak bersengketa. Sebagai lembaha yudisial, MK telah berhasil memberikan pendidikan politik kepada bangsa bahwa Indonesia adalah negara yang patuh dan tunduk pada hukum sebagai panglima tertinggi.

"Keputusan MK sifatnya final dan mengikat memberi arti kepada kita untuk menyudahi perbedaan pilihan politik. Mari bersama membangun negeri dan selamat bekerja kepada Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf yang akan memimpin Indonesia lima tahun ke depan,’’  terang dia.

Terakhir, Gus Yaqut juga memberi apresiasi penuh terhadap pernyataan kedua tokoh bangsa, Jokowi dan Prabowo lewat siaran persnya usai putusan semalam.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diterima 2 Kontestan

Yaqut berpandangan, sebagai pemenang Jokowi tak menjatuhkan, dan Prabowo sebagai pihak yang kalah dapat menerimanya dengan kesatria.

"Pidato dua tokoh bangsa tadi malam memberikan sinyal kepada kita bahwa keputusan MK sudah diterima oleh kedua kontestan, pun sudah memberikan contoh pembelajaran politik yang baik dengan mengakui keputusan itu,” Yaqut menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • GP Ansor