Sukses

PM India hingga Trump Ucapkan Selamat ke Jokowi

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres turut memberikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima banyak ucapan selamat atas terpilihnya kembali mantan Gubernur DKI Jakarta itu sebagai orang nomor satu di Republik Indonesia. Ucapan itu diterimanya di sela-sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang.

Kepala Protokol Negara Andri Hadi yang berada dekat dengan Jokowi selama mengatakan, hampir semua kepala negara/kepala pemerintahan menyampaikan ucapan selamat.

"Congratulation... congratulation," ucap Andri Hadi menirukan ucapan para kepala negara/kepala pemerintahan ke Jokowi.

Presiden Jokowi bersalaman dengan Presiden Spanyol Pedro Sanchez. (Biro Pers Istana)

Menurut dia, ucapan tersebut disampaikan dalam berbagai kesempatan di sela-sela perhelatan KTT G20, seperti pada saat menunggu official welcome, family photo, maupun ketika para kepala negara/kepala pemerintahan akan memulai Leader's Side Event.

Presiden Jokowi bersalaman dengan PM India Narendra Modi. (Biro Pers Istana)

Para kepala negara/kepala pemerintahan itu antara lain Presiden Amerika Serikat Donald Trump, PM Jepang Shinzo Abe, Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammad bin Salman, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, PM Australia Scott Morrison, PM Belanda Mark Rutte, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Italia Giuseppe Conte, PM Inggris Theresa May, PM India Narendra Modi dan Presiden Spanyol Pedro Sanchez.

Selain itu, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres turut memberikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiba Pagi

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Osaka Jepang guna menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G20.

Pesawat Kepresidenan RI 1 yang membawa Jokowi mendarat di Bandara Internasional Kansai Osaka Jepang, Jumat (28/6/2019) sekitar pukul 07.30 waktu setempat atau pukul 05.30 WIB (terdapat selisih waktu 2 jam, atau waktu Osaka lebih cepat 2 jam dibanding Jakarta).

Jokowi disambut Wakil Menlu Jepang Toshiko Abe. Selain itu hadir pula Dubes RI untuk Jepang merangkap kawasan mikronesia Arifin Tasrif. Jokowi kemudian menuju hotel untuk beristirahat sebelum menghadiri KTT G20.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pihaknya akan mengangkat inovasi ekonomi digital dalam KTT G20 di Osaka.

"Saya akan berangkat dengan Bu Iriana untuk menghadiri KTT G20 di Osaka. Saya akan bicara mengenai dua hal, pertama berkaitan dengan inovasi digital ekonomi dan bagaimana mengatasi kesenjangan," kata Jokowi di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusumah Jakarta, Kamis (27/6/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini