Sukses

Menristekdikti Dorong Inovasi Bidang Pangan, Kesehatan, dan Mitigasi Kebencanaan

Tiga bidang ini memiliki dampak yang sangat vital bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, dalam kurun waktu lima tahun terakhir inovasi yang dihasilkan perguruan tinggi sudah meningkat pesat. Dia mendorong perguruan tinggi untuk meningkatkan inovasi di bidang pangan, kesehatan, dan mitigasi kebencanaan.

Sebab, bidang ini memiliki dampak yang sangat vital bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

"Ketahanan pangan, kesehatan dan kebencanaan masih menjadi tantangan bagi Indonesia, maka integrasi berbagai bidang ini menjadi penting dalam menghadapi era revolusi 4.0. Karena pangan dengan pertanian, kesehatan dan kebencanaan sangat erat kaitannya," ucap Nasir di Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, Rabu (26/6/2019).

Nasir menjelaskan, Kemenristekdikti memiliki peran sentral dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang kompeten.

Posisi Kemenristekdikti dinilainya sangat strategis dalam mendukung prioritas pembangunan Pemerintah RI ke depan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, yaitu pembangunan SDM.

Karenanya, Nasir berharap perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, yang jumlahnya sekitar 4.670 instansi, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, riset dan inovasinya.

"Oleh karena itu perguruan tinggi harus berperan menciptakan inovasi teknologi pada bidang pangan, kesehatan dan kebencanaan yang dapat bermanfaat bagi rakyat Indonesia," dia mengakhiri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.