Sukses

Meski Tak Kantongi Izin, Massa Tetap Banjiri Jalan Medan Merdeka Barat

Menurut penelusurannya, Kombes Harry mengatakan massa datang dari pelbagai penjuru di luar Jakarta, seperti Banten, Tangerang, Depok, Bekasi, juga Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan mengaku tidak tahu rencana kedatangan massa yang berkerumun di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Padahal, sesuai arahan Polda Metro Jaya, tidak ada aksi massa diberikan izin hari ini.

"Polisi tidak mengeluarkan izin aksi," kata Harry di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).

Menurut penelusurannya, Kombes Harry mengatakan massa datang dari pelbagai penjuru di luar Jakarta, seperti Banten, Tangerang, Depok, Bekasi, juga Jawa Barat. Pihaknya mengaku akan berkordinasi dengan mereka untuk menjaga konduvifitas agar keamanan ketertiban masyarakat. 

"Yang di Bawaslu kemarin begitu juga. Prosesnya hampir sama. Massa (berasal) dari dalam (kota) dan massa dari luar," jelas Harry.

Sebelum mengambil tindakan, Kombes Harry menegaskan untuk mengambil langkah komunikatif. Bersama jajarannya, dibantu TNI, mereka akan berdialog untuk mengetahui maksud dan tujuan. Sebab, kata dia, tidak ada izin untuk melakukan aksi massa.

"Saya mau tanya dulu, kalau kita kan tidak keluarkan izin. Kan kalau polisi ada tahapan SOP, jelas perintah pimpinan tidak boleh ya toh," pungkas Harry.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.