Pemkot Surabaya Akan Jelaskan Penyakit Wali Kota Risma

Oleh Liputan6.com pada 26 Jun 2019, 09:22 WIB
Diperbarui 27 Jun 2019, 15:14 WIB
Doakan Khusnul Khotimah, Wali Kota Risma: Ibu Ani Yudhoyono Suka Jepret Taman di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat dirawat di RSUD dr Soewandhie, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akhirnya dirujuk ke RSUD dr Soetomo, Selasa (25/6/2019) malam. Hingga kini belum ada penjelasan penyakit apa yang diderita Risma sampai menyebabkan ia dirujuk.

Sebelumnya Risma sempat disebut butuh istirahat karena kelelahan. Selain itu ia juga didiagnosa mengalami gejala sakit maag. Ia pun sempat disarankan oleh tim dokter RS Soewandhie untuk rawat inap.

"Saya mohon maaf tidak membalas semua pertanyaan kawan-kawan wartawan satu persatu, namun kabar jika ibu (wali kota) dipindahkan (ke RS dr Soetomo) itu benar," ungkap Kabag Humas Kota Surabaya, M Fikser, dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (26/6/2019) pagi.

Fikser menambahkan, saat ini Risma dirawat di lantai dua gedung RSUD dr Soetomo. Ia mengaku tidak mengetahui secara persis di ruang apa Risma dirawat. Demikian juga saat dikonfirmasi apakah Risma masuk ruang ICU RS dr Soetomo.

"Beliau dirawat di lantai 2. Saya belum tahu persis apakah lantai dua itu ada ICU atau bukan. Nanti siang kita akan beri keterangan dalam konpers, mengenai perkembangan lebih lanjut," lanjutnya.

Fikser pun tidak bisa menjelaskan mengapa wali kota harus dirujuk ke rumah sakit ini. Termasuk ia juga tidak bisa menjabarkan penanganan apa yang akan dilakukan terhadap wali kota. "Nanti dalam konpers akan dijelaskan lebih lanjut," ulangnya.

Sebelumnya, Selasa (25/6/2019) pagi, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sempat dilarikan ke rumah sakit karena kelelahan. Kondisinya pun sempat dikabarkan membaik. Namun, dengan alasan agar tidak terganggu dan mendapatkan observasi yang mendalam, Risma sempat dirawat di ICU RS Soewandhie. Kini, ia diketahui tengah dirawat di RS dr Soetomo.

 

2 of 3

Diobservasi

 

Dikonfirmasi terpisah, Kadinkes Surabaya dr Febria Rachmanita yang juga Plt Dirut RSUD Dr M Soewandi, menambahkan bahwa Wali Kota Risma hingga Selasa malam, masih diobservasi.

"Ibu Risma kecapekan, penyakit maag-nya kumat, sehingga merasa sebah dan agak sesak," tutur dokter yang karib disapa Feny itu.

Saat ditanya, apakah Wali Kota Risma bisa segera pulang ke kediamannya, Feny mengatakan bahwa masih harus menunggu hasil observasi dari dokter yang menangani. "Kita masih menunggu observasi dari dokter, Insya Allah, kita doakan saja ya," katanya.

Saat disinggung apakah Wali Kota Risma setelah pulang dari rumah sakit harus istirahat atau diperbolehkan beraktivitas, Feny langsung tersenyum. "Ya biasanya Ibu Risma memang seperti itu, langsung aktivitas," ujar Feny.

Reporter : Erwin Yohanes

Sumber: Merdeka

 

 

3 of 3

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓