Sukses

Kata Ma'ruf Amin soal Jatah Menteri untuk NU

Sebelumnya, Nahdlatul Ulama (NU) meminta jatah menteri di kabinet yang akan dibentuk capres Joko Widodo atau Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Nahdlatul Ulama (NU) meminta jatah menteri di kabinet yang akan dibentuk capres Joko Widodo atau Jokowi. Calon wakil presiden Ma'ruf Amin pun buka-bukaan soal hal ini.

Dia mengatakan, belum ada nama kandidat menteri yang diajukan dari kalangan NU. Namun, dia mengklaim ada sejumlah nama yang sudah dikantonginya.

Hal ini disampaikannya usai menghadiri halalbihalal di kantor PBNU, Jakarta. "Belum, itu masih dikantongi," kata Ma'ruf, Senin, 24 Juni 2019 malam.

Namun, saat ditanya soal nama-nama di kantongnya itu, Ma'ruf Amin hanya tersenyum.

Sebelumnya, Rais Aam PB NU Miftachul Akhyar mengatakan, pihaknya selalu menyiapkan kader terbaik jika diminta menjadi menteri. Hal ini menyikapi isu adanya perombakan kabinet serta kabinet baru di pemerintahan 2019-2024 mendatang.

"Sebetulnya, kalau siap sejak dulu siap. Cuma geraknya ini yang jadi kalau persiapan itu sebetulnya banyak kader-kader itu, tapi kapan maju jalannya kan gitu. Hanya siap saja, enggak maju-maju," ucap KH Miftachul di Jakarta, Minggu, 23 Juni 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Permintaan dari Jokowi

Miftachul Akhyar tak menepis memang ada permintaan dari Presiden. "Ya memang ada. Tapi nantilah itu, kita lihat," jelas Miftachul.

Sementara itu, Wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Timur KH Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali) menegaskan tidak ada dukungan politik yang gratis. Dia mengusulkan tambahan menteri dari kalangan NU.

"Tidak ada dukungan politik yang gratis," tegas Gus Ali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini