Airlangga Tegaskan Munas Golkar Tetap Digelar Desember 2019 

Oleh Liputan6.com pada 24 Jun 2019, 19:41 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan cawapres 01 Ma'ruf Amin

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto tak ambil pusing dengan desakan sejumlah kader agar pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) dipercepat. Dia menegaskan, berdasarkan ketetapan partai, Munas Golkar digelar pada Desember 2019.

"Ya kan konstitusi partai jelas, mekanismenya jelas," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (24/6/2019).

Menteri Perindustrian ini menyebut, Munas Golkar selalu diselenggarakan pada Desember. Itu dilakukan sejak kepemimpinan Abu Rizal Bakrie sampai Setya Novanto. Karena itu, Airlangga menekankan tak ada alasan untuk mempercepat Munas Golkar.

"Jadi itu semua sudah jelas. Sesuai jadwal saja, karena jadwalnya kan Desember. Sekarang terlalu pagi," sambungnya.

Mengenai pernyataan politikus senior, Yorrys Raweyai yang menyebut Ketua Umum Golkar tak fokus mengurus partai, Airlangga menanggapi santai.

"Ya tentu itu juga sudah selesai sebetulnya," kata dia.

Yorrys juga menyoroti penurunan perolehan kursi Partai Golkar pada pemilu 2019, yang hanya mendapatkan 85 kursi di DPR. Padahal di pemilu 2014, partai berlambang pohon beringin ini mendapatkan 91 kursi.

"Capaiannya kan nomor 2. Kalau yang nomor dua kan seperti medali, medali emas, emas, perak ya perak," jelas Airlangga.

Ihwal nama Bambang Soesatyo yang disebut-sebut layak menduduki kursi Ketua Umum Golkar, Airlangga tak ingin berkomentar banyak. Dia hanya menegaskan, senior Golkar masih solid mendukung dirinya.

"Ya kalau namanya pemilihan terbuka dan tentu senior masih solid. Ya solid," pungkas dia.

2 of 3

Siap Maju Lagi

Ribuan Kader Hadiri Kampanye Akbar Partai Golkar di Istora Senayan
Suasana Kampanye Akbar Partai Golkar di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (9/4). Kampanye Akbar Partai Golkar dihadiri ribuan kader dan simpatisan. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Airlangga menyatakan siap kembali maju menjadi Ketua Umum Partai Golkar. Airlangga mengaku hampir semua DPD Partai Golkar mendukung dirinya untuk kembali memimpin partai berlambang pohon beringin lagi.

"Insyaallah. Ada beberapa daerah sudah memberikan dukungan. Sudah hampir semua DPD sudah memberikan dukungan dan sikap," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 19 Juni 2019.

Airlangga memastikan Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar akan digelar pada Desember 2019. Salah satu agenda dalam Munas yaitu pergantian Ketua Umum Partai Golkar.

Selain Airlangga, nama Ketua DPR Bambang Soesatyo juga disebut-sebut menjadi kandidat Ketum Partai Golkar. Terkait hal ini, Airlangga tak mau ambil pusing.

"Ya namanya Munas Golkar kan terbuka untuk publik," ucap dia.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

3 of 3

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓