BMKG Tegaskan Gempa Hari Ini di Papua dan Maluku Tak Saling Berkaitan

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 24 Jun 2019, 16:03 WIB
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati. (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

Liputan6.com, Jakarta - Gempa dengan kekuatan besar terjadi di Papua dan Maluku hari ini, Senin (25/6/2019). Di Papua, gempa mengguncang wilayah Memberamo Raya, sedangkan Maluku pusatnya di Laut Banda.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, gempa yang terjadi memang dalam waktu berdekatan. Tapi tak saling berkaitan.

"Kalau kita melihat pusat-pusat gempa itu baik di Papua bagian utara ataupun di laut Banda, di utara itu kan patahan lokal dan di laut Banda itu patahan Banda. Di kedua zona ini tidak ada saling kontaknya," ucap Dwikorita di kantornya, Jakarta, Senin (24/6/2019).

"Sehingga tidak berkaitan," tegas Dwikorita.

Meski begitu, jelasnya, sejak 1973 sampai 2018, kedua wilayah tersebut memang berpotensi terus mengalami gempa. Lantaran belum mengeluarkan energi sepenuhnya sejak diamati.

"Di situ potensi kejadian gempa tinggi. Tapi fakta, terjadinya gempa yang terjadi itu masih rendah. Energi yang tersimpan belum keluar semua," ungkap Dwikorita.

Jika dibandingkan, lanjut dia, kekuatan dua wilayah tersebut. Papua lebih rendah. "Masih lebih besar di Laut Banda (Maluku)," pungkasnya.

2 of 4

27 Kali Gempa Susulan Terjadi di Mamberamo Papua

Wilayah Memberamo, Papua digoyang gempa bumi sejak pagi. Lindu berkekuatan magnitudo 6,1 itu sempat menggoyang kawasan Mamberamo dan sekitarnya pada pukul 08.05 WIB.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, hingga pukul 13.00 WIB, total sudah ada 27 kali gempa susulan yang terjadi di kawasan tersebut.

"Hingga pukul 13.00 WIB, hasil monitoring BMKG sudah menunjukkan terjadi 27 kali aktivitas gempa bumi susulan," ucap Dwikorita di kantornya, Jakarta, Senin (24/6/2019).

Kekuatan gempa susulan itu, masih kata dia, hanya berkisar magnitudo 2,9 sampai 5,5. "Artinya semakin melemah," kata Dwikorita.

Dia menuturkan, gempa yang terjadi di Mamberamo, Papua termasuk kategori gempa dangkal. Sehingga lindu tersebut tidak memicu terjadinya tsunami.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi jenis dangkal akibat aktivitas sesar (patahan) lokal," jelas Dwikorita.

 

3 of 4

Gempa Magnitudo 7,7 Guncang Maluku

Gempa bumi dengan magnitudo 7,7 mengguncang Maluku. Gempa terjadi hari ini, Senin (24/6/2019) pukul 09,53 WIB.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menyebut lokasi pusat gempa Maluku yang berkedalaman 231 kilometer ini berada di 6.51 Lintang Selatan, 129.27 Bujur Timur. Tepatnya pada 245 km Timur Laut Maluku Barat Daya.

Gempa tersebut dirasakan masyarakat di Saumlaki, Tual, Sorong, Kupang, Banda, Waingapu, Ambon, Nabire, Merauke, Denpasar, dan Puncak Jaya.

BMKG menyatakan gempa Maluku ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Namun masyarakat diimbau untuk tetap waspada.

Belum ada laporan terkait dampak kerusakan maupun korban akibat gempa tersebut.

4 of 4

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓