Cerita Eyang Prajitno Menikmati Usia Emas di Senior Living D'Khayangan

Oleh Liputan6.com pada 24 Jun 2019, 11:24 WIB
Diperbarui 24 Jun 2019, 12:16 WIB
Cerita Eyang Prajitno Menikmati Usia Emas di Senior Living D'Khayangan

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak ingin menikmati golden age dengan suasana nyaman dan bahagia? Ya, tentu hal itu jadi dambaan semua orang. Di usia yang tak lagi produktif bukan berarti rutinitas jadi membosankan, ya itu bila kita berada di Senior Living D'Khayangan. 

Hunian khusus bagi para senior (lansia) hasil kerjasama antara Jababeka dan Longlife Holding Japan ini merupakan hunian terpadu eksklusif yang mengedepankan konsep layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan individu secara spesifik.

Berbeda dengan kebanyakan hunian bagi kalangan senior yang menyeragamkan layanan, Senior Living D'Khayangan mampu memenuhi kebutuhan dan preferensi secara personal yang berbeda diantara satu individu dengan individu lainnya mulai dari hal-hal kecil hingga hal-hal besar seperti kesukaan dan kebutuhan gizi, pantangan, jam makan, jam bangun, jam tidur, hobi, serta kebutuhan akan vitamin dan obat obatan yang harus dikonsumsi secara reguler.

Salah satu penghuni Senior Living D'Khayangan Dr. Prajitno Soembadji, DTM&H mengatakan, kehadiran Senior Living D'Khayangan ini sangat memberikan dampak positif khususnya bagi mereka yang sudah memasuki usia golden age atau senior. Pasalnya, di tempat ini penghuni banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang di senangi bahkan mampu melahirkan prestasi di usia senja.

"Banyak yang beranggapan bahwa pada usia lanjut seseorang tidak terlalu dapat produktif, namun disenior living dkhayangan usia lanjut tidak menjadi penghalang, justru malah bisa bermanfaat dan lebih produktif dengan berbagai kegiatan seni dan lain sebagainya," kata pria yang akrab disapa Eyang Prajitno saat berbincang dengan INDUSTRY.co.id di Senior Living D'Khayangan, Cikarang, Kamis (20/6/2019).

Mantan Pegawai Negeri Sipil yang juga pensiunan dokter yang menangani sebuah perusahaan tambang batubara di kalimantan ini, sudah sekitar lima tahun berada di Senior Living D'Khayangan. Selama ditempat ini ia merasa nyaman karena seluruh penghuni sangat menjunjung tinggi kekeluargaan.

"Dkayangan ini memang di khususkan untuk lanjut usia semua, kebetulan saat ini penghuni jepangnya lagi pada pulang sekitar dua minggu nanti baru kembali lagi kesini. Penghuni disini semua sangat kekeluargaan, biasanya mereka kalau malam saya ajarin main gaple," ungkap Eyang Prajitno.

Hal lain yang membuat Eyang Prajitno semakin betah adalah burung merpati liar peliharaanya yang kini menjadi jinak berkat tangan dingin seorang pensiunan dokter tersebut.

"Kalau pagi saya jalan pagi kemudian saya disini punya burung merpati liar saya kasih makan terus tiap pagi, sekarang mereka jadi jinak dan sering main kesini, setiap pagi mereka sudah menunggu di depan pintu sampai saya siapkan jagung untuk makanan burung merpati tersebut," ucapnya.

Selain itu, Eyang Prajitno mengatakan, di tempat ini juga banyak kegiatan oma-oma dari berbagai tempat yang datang di pagi hari ketempat ini, kemudian di jemput kembali pada sore hari untuk melakukan berbagai kegiatan seperti yoga, menari, membuat kerajinan tangan dan lainya.

"Kita kan para senior disini banyak ikut kegiatan-kegiatan dan setiap tahun kita selalu dapat nomor terus dalam berbagai pertunjukan seperti angklung. Apapun kegiatan disini selalu ditemani oleh komandan perawat yang selalu siap menemani dan memastikan berbagai kegiatan yang harus dilakukan," katanya.

Selain berbagai kegiatan menarik, kunjungan dari berbagai sekolah, mahasiswa dan para tamu juga menjadi hal yang menyenangkan bagi para penghuni. "Dideket sini kan ada sekolah anak anak jepang, mereka kita rangkul sebulan sekali mereka datang kesini kita ajari bermacam-macam nyanyian dan tarian asli indonesia," ungkap Eyang Prajitno.

Menurutnya, fasilitas yang tersedia di Senior Living D'khayangan juga cukup banyak antara lain karaoke, fisio terapi, salon, massage, kolam renang,lapangan panahan, lapangan tenis, lapangan golf dan juga restoran. Fasilitas tersebut dihadirkan agar para senior tidak keluar. "Keluar boleh saja tapi harus di kawal," ungkapnya.

Banyaknya kegiatan dan aktifitas di Senior Living D'Khayangan membuat tempat ini hampir tak pernah sepi dari berbagai kegiatan. Penghuni dan para perawatpun selalu menciptakan suasana kekeluargaan sehingga tercipta suasana yang nyaman.

 

(*)

Tag Terkait