Sukses

Bukan Pagi Atau Sore, Ini Waktu Terbaik Joging di Jakarta

Menurut indeks kualitas udara dunia, tingkat polusi di Jakarta telah mencapai level unhealthy atau tidak sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur jaringan kerja Komite Penghapusan Bensin Bertimbal, Ahmad Syafrudin mengatakan, waktu terbaik untuk berolahraga di luar ruangan seperti joging bagi warga Jakarta adalah pada pukul 13.00 hingga 15.00 WIB.

Hal itu karena kondisi kualitas udara Jakarta diyakini paling baik pada jam tersebut.

Ahmad mengatakan, penilaian tersebut didapat setelah pihaknya melakukan riset dengan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (United States Environmental Protection Agency/US EPA) pada 2013 lalu.

“Itu ada faktor metodologi ya, ada arah kecepatan angin, kelembaban, temperatur dan sebagainya. Itu lebih baik (pada jam tersebut), kualitas udaranya yang dekat dengan permukaan tanah,” kata Ahmad dalam acara diskusi bertajuk ‘Kesiapan Bus Listrik Mengaspal di Jakarta’, Minggu (23/6/2019).

Seperti dilansir Antara, kepercayaan masyarakat Ibu Kota bahwa udara di Jakarta lebih sehat pada pagi atau malam hari, dianggap tidak tepat.

Menurut dia, menurunnya jumlah kendaraan yang beroperasi pada pagi dan malam hari dinilai tidak mengurangi tingkat polusi yang sangat tinggi di Jakarta.

“Ketika tidak ada aktivitas di permukaan tanah, maka polutan yang membumbung tinggi sekitar 2,5 hingga 3 kilometer itu akan turun lagi,” katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kualitas Udara Jakarta

Menurut indeks kualitas udara dunia (World Air Quality Index), tingkat polusi di Jakarta telah mencapai level unhealthy atau tidak sehat. Badan perlindungan lingkungan AS (US EPA) mengatakan, dalam level ini udara di Jakarta telah berdampak bagi kesehatan masyarakat.

Anak-anak dan orang dewasa yang aktif, serta penderita penyakit pernafasan seperti asma harus menghindari aktivitas luar ruangan yang terlalu lama. Anak-anak juga dianjurkan untuk membatasi waktu bermain di luar ruangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.