Masyarakat Diharapkan Tidak Corat-Coret Mural di Terowongan Kendal

Oleh Liputan6.com pada 23 Jun 2019, 03:07 WIB
Diperbarui 23 Jun 2019, 03:07 WIB
Warna-Warni Mural Sambut HUT DKI Jakarta
Perbesar
Seniman saat membuat mural Wajah Baru Jakarta di terowongan Jalan Kendal, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Mural tersebut dibuat dalam rangka menyambut HUT ke-492 DKI Jakarta sekaligus mempercantik lingkungan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Para pelukis mengharapkan masyarakat tidak mengotori atau mencoret-coret mural yang baru saja rampung dikerjakan di Terowongan Jalan Kendal, Jakarta.

"Kami bukan minta dihargai atas apa yang telah dibuat, tapi ini demi keindahan kota kita. Kadang ada saja tangan usil yang melakukan itu," kata mahasiswa Universitas Paramadina, Akhmad Faja Zulkarnaen (20) yang melukis mural Terowongan Jakarta Kendal, di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (22/6/2019).

Dengan berbagai lukisan mural di sisi-sisi terowongan seharusnya menurut dia bisa menjadi tempat menarik bagi masyarakat bersantai maupun berswafoto.

Tetapi jika mural dipenuhi coretan malah Terowongan Jalan Kendal nantinya menjadi terlihat kumuh. Hal itu menurutnya bertentangan dengan cita-cita Jakarta yang terus berupaya memperbaiki diri dan menunjukkan wajah baru yang lebih baik.

"Tinggal kita menahan keisengan untuk tidak usil saja, saat berswafoto juga jangan menempelkan telapak sepatu ke lukisan, itu saja, kami rasa tidak sulit," katanya.

Akhmad Faja Zulkarnaen bersama sembilan temannya yang lain dari program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Paramadina membutuhkan enam hari dari 17 Juni 2019 untuk menyelesaikan mural sepanjang 13 meter.

Lukisan itu dibuat guna menunjukkan "Wajah Baru Jakarta" pada hari ulang tahunnya yang ke-492.

2 dari 3 halaman

Wajah Cantik Jakarta

Pada mural tergambar Ibu Kota kini memiliki wajah yang cantik dan sarana transportasi publik terbaik saat ini yakni moda raya terpadu (MRT).

Salah seorang pejalan kaki, Rindra Lukman, sempat berswafoto di depan mural Terowongan Jalan Kendal meski lukisannya belum rampung sepenuhnya.

"Ya indah sekali, semoga tidak cepat kotor, kalau saya sih tidak akan merusak karya seindah ini," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓