Buka Puncak Perayaan HUT DKI, Anies: Jangan Hanya Lihat Fisik Baru Jakarta

Oleh Ika Defianti pada 22 Jun 2019, 21:41 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka acara puncak perayaan HUT ke-492 Kota Jakarta di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka acara puncak perayaan HUT ke-492 Kota Jakarta di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Kegiatan pun dimulai pukul 20.00 WIB.

Dalam sambutannya, Anies meminta masyarakat tak hanya melihat pembanguan fisik dalam wajah baru Jakarta. Sebab banyak pesan moral yang disampaikan dari pembangunan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

"Di balik itu ada gagasan, bukan saja barangnya yang nampak baru, tapi di belakangnya selalu ada gagasan," kata Anies, Sabtu (22/6/2019).

Dia mencontohkan dengan adanya integrasi transportasi itu merupakan bentuk gagasan agar lebih banyak interaksi antar warga. Selain itu, adanya tampilan trotoar yamg luas dan ramah untuk semua kalangan.

"Maka di belakangnya ada gagasan untuk membuat fasilitas publik yang setara bagi semuanya. Siapa saja dapat kesempatan yang sama," ucap Anies Baswedan.

Selanjutnya kata dia, untuk sejumlah taman di Ibu Kota menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat retensi air hingga lokasi rekreasi masyarakat.

"Bila anda menyaksikan dinding-dinding yang bergambar mural. Jangan membayangkan itu sekadar membangun dinding bermural. Tapi bayangkan, ini soal fasilitasi warga dalam membangun kota, di dalam menghias kota," jelasnya.

2 of 3

Rangkaian HUT Jakarta

Rangkaian HUT Jakarta digelar 17-30 Juni 2019. Acara dimulai dengan live mural oleh mahasiswa di Terowongan Jalan Kendal, Jakarta Pusat, pada 17 Juni 2019. Mereka melukis di dinding sepanjang terowongan sisi utara bagian kiri dari arah Stasiun MRT mulai pukul 09.00-18.00 WIB.

Acara bazaar dan garage sale juga digelar di Lapangan Banteng pada 22-23 Juni 2019 pukul 10.00-18.30 WIB. Sebagai penutup acara, terdapat pertunjukan Air Mancur Menari yang bisa dinikmati pengunjung pada pukul 18.30 WB, 19.30 WIB, dan 20.15 WIB.

Jakarnaval juga akan kembali digelar pada 30 Juni 2019 pukul 15.30-22.00 WIB. Parade ini meliputi parade budaya, parade modern, parade kendaraan hias, hingga penampilan sejumlah musikus, seperti Krisdayanti, Iwa K, dan Ada Band.

Peserta Jakarnaval 2019 akan terbagi menjadi dua rute. Parade berjalan kaki akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika mengarah ke Jalan MH Thamrin, dan berakhir di Pintu Silang Barat Daya Monas. Sedangkan parade kendaraan hias akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat mengarah ke Jalan MH Thamrin, berputar di Bundaran HI, dan berakhir di depan kantor RRI.

3 of 3

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓