Anies Ingin Wujudkan Kesetaraan Bagi Warga Saat HUT ke-492 Jakarta

Oleh Ika Defianti pada 22 Jun 2019, 18:17 WIB
Kartu Lansia Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginginkan, terciptanya kesetaraan untuk masyarakat Ibu Kota di HUT ke-492 Kota Jakarta.

Penyetaraan itu, menurut Anies, tampak dari sejumlah program mulai dari Kartu Jakarta Pintar (KJP) hingga kartu pekerja.

"Saya sering garis bawahi membesarkan yang kecil tanpa mengecilkan yang besar. Jadi kita punya program-program besar," ujar Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2019).

Anies menyebut, masyarakat yang menerima kartu pekerja dapat menerima bantuan untuk kehidupan sehari-hari, misalnya kemudahan biaya transportasi.

"Dukungannya adalah dengan kemudahan biaya transportasi, kemudian dimudahkan untuk mendapatkan akses kebutuhan pokok dengan harga yang di diskon," ucapnya.

Sedangkan untuk KJP, Anies mengaku, ingin menghadirkan kesetaraan pelajar dalam kualitas pendidikan. Tujuannya agar semua siswa memilki kesempatan yang sama dalam mengenyam pendidikan.

"Mulai tahun ini penerimaan siswa baru mereka mendapatkan porsi untuk di sekolah hampir 20 persen dimana penerima KJP mendapatkan slot," ucapnya.

 

2 of 3

Rangkaian HUT DKI Jakarta

Mengintip Pembuatan Panggung HUT DKI di Bundaran HI
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembuatan panggung HUT ke-492 DKI di area Bundaran HI, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Panggung megah tersebut nantinya akan digunakan sebagai area pesta rakyat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Rangkaian HUT Jakarta digelar 17-30 Juni 2019. Acara akan dimulai dengan live mural oleh mahasiswa di Terowongan Jalan Kendal, JakartaPusat, pada 17 Juni 2019. Mereka akan melukis di dinding sepanjang terowongan sisi utara bagian kiri dari arah Stasiun MRT mulai pukul 09.00-18.00 WIB.

Acara bazaar dan garage sale juga akan digelar di Lapangan Banteng pada 22-23 Juni 2019 pukul 10.00-18.30 WIB. Sebagai penutup acara, terdapat pertunjukan Air Mancur Menari yang bisa dinikmati pengunjung pada pukul 18.30 WB, 19.30 WIB, dan 20.15 WIB.

Jakarnaval juga akan kembali digelar pada 30 Juni 2019 pukul 15.30-22.00 WIB. Parade ini meliputi parade budaya, parade modern, parade kendaraan hias, hingga penampilan sejumlah musikus, seperti Krisdayanti, Iwa K, dan Ada Band.

Peserta Jakarnaval 2019 akan terbagi menjadi dua rute. Parade berjalan kaki akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika mengarah ke Jalan MH Thamrin, dan berakhir di Pintu Silang Barat Daya Monas. Sementara itu, parade kendaraan hias akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat mengarah ke Jalan MH Thamrin, berputar di Bundaran HI, dan berakhir di depan kantor RRI.

3 of 3

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓