Sukses

Pesan Mendagri Tjahjo Kumolo di HUT DKI Jakarta

Tjahjo juga mengingatkan Pemprov DKI Jakarta dan DPRD agar menghindari area rawan korupsi dalam penyusunan rancangan APBD 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengimbau, agar Pemprov DKI Jakarta dapat meningkatan pelayanan kepada masyarakat secara tak terbatas di HUT ke-492 Kota Jakarta.

Sebab, kata dia masyarakat yang tinggal di Ibu Kota bukanlah yang memiliki KTP Jakarta saja.

"Tapi seluruh masyarakat Indonesia juga dari mancanegara, juga punya hak untuk bisa beraktivitas di Jakarta," kata Tjahjo di gedung DPRD DKI Jakarta, Sabtu (22/6/2019).

Selain itu, Tjahjo juga mengingatkan Pemprov DKI Jakarta dan DPRD agar menghindari area rawan korupsi dalam penyusunan rancangan APBD 2020.

Rawan korupsi yang dimaksud Tjahjo yakni, perencanaan dana anggaran, jual beli jabatan, pengadaan barang dan jasa serta penerimaan daerah.

"Khususnya yang menyangkut perencanaan anggaran, dana hibah, dan dana bansos (bantuan sosial)," ucapnya.

Selain itu, dia meminta dalam penggunaan APBD dapat difokuskan dalam kegiatan yang bermanfaat dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), pelayanan publik, dan pertumbuhan ekonomi.

Sebab, pada 2018 lalu, sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berkenaan (SILPA) APBD DKI mencapai Rp 2 triliun.

"Saya kira antara perencanaan antara penanggaran memastikan program dan fungsi pengawasan DPRD harus jalan. Saya yakin akan bisa memaksimalkan tahun anggaran di 2020 khususnya diawali dari penyerpaan anggaran 2019," jelas Tjahjo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian HUT DKI Jakarta

Rangkaian HUT Jakarta digelar 17-30 Juni 2019. Acara akan dimulai dengan live mural oleh mahasiswa di Terowongan Jalan Kendal, Jakarta Pusat, pada 17 Juni 2019. Mereka akan melukis di dinding sepanjang terowongan sisi utara bagian kiri dari arah Stasiun MRT mulai pukul 09.00-18.00 WIB.

Acara bazaar dan garage sale juga akan digelar di Lapangan Banteng pada 22-23 Juni 2019 pukul 10.00-18.30 WIB. Sebagai penutup acara, terdapat pertunjukan Air Mancur Menari yang bisa dinikmati pengunjung pada pukul 18.30 WB, 19.30 WIB, dan 20.15 WIB.

Jakarnaval juga akan kembali digelar pada 30 Juni 2019 pukul 15.30-22.00 WIB. Parade ini meliputi parade budaya, parade modern, parade kendaraan hias, hingga penampilan sejumlah musikus, seperti Krisdayanti, Iwa K, dan Ada Band.

Peserta Jakarnaval 2019 akan terbagi menjadi dua rute. Parade berjalan kaki akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika mengarah ke Jalan MH Thamrin, dan berakhir di Pintu Silang Barat Daya Monas. Sedangkan parade kendaraan hias akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat mengarah ke Jalan MH Thamrin, berputar di Bundaran HI, dan berakhir di depan kantor RRI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.