Ornamen Khas Betawi Hiasi Panggung Perayaan HUT DKI Jakarta

Oleh Liputan6.com pada 22 Jun 2019, 13:10 WIB
Diperbarui 22 Jun 2019, 21:16 WIB
Mengintip Pembuatan Panggung HUT DKI di Bundaran HI

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta Night Festival (JNF) akan digelar oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun ke-492 DKI Jakarta. HUT Jakarta kali ini mengusung tema modern dan tradisional, guna melestarikan budaya lokal.

"Tema modern tradisional itu nantinya kami akan memadukan unsur kebudayaan Betawi dan kecanggihan teknologi," ujar Project Manager Jakarta Night Festival Panji di sepa persiapan JNF di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat malam, 21 Juni 2019. 

Dia mengemukakan, terdapat dua panggung utama yang menampilkan sejumlah artis Ibu Kota. Pelaksanaan HUT DKI juga bekerja sama dengan salah satu stasiun swasta.

"Untuk melestarikan budaya lokal, panggung hiburan yang disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan menggunakan dekorasi khas Betawi. Panggung akan dihias dengan berbagai ornamen khas Betawi, di antaranya ondel-ondel," katanya dilansir Antara

Dia menambahkan, dalam perayaan HUT DKI Jakarta hari ini juga akan dimeriahkan dengan tarian kolosal yang menampilkan 100 orang penari dan video mapping yang menampilkan perkembangan kota Jakarta dari masa ke masa.

"Video mapping akan menampilkan sejarah kota Jakarta mulai dari Jakarta tempo dulu hingga wajah baru Jakarta, yang menampilkan Moda Raya Terpadu (Mass Rapid Transit/MRT). Video mapping berdurasi lima hingga 10 menit," papar dia.

2 of 3

Deretan Artis di HUT Jakarta

Jakarnaval 2018 Padati Jalan Medan Merdeka Selatan
Penari berjalan saat Jakarnaval 2018 di kawasan Silang Monas, Jakarta, Minggu (8/7). Karnaval digelar dalam rangka HUT ke-491 DKI Jakarta. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Panggung-panggung dalam JNF, lanjut Panji, akan dimeriahkan oleh penampilan Pasha and the band, Kotak, Siti Badriah, Wali, Jiung band, dan Husein Alatas. Rencananya acara puncak akan berlangsung pada sore pukul 16.00 WIB hingga 24.00 WIB. 

Ada sekitar lima panggung akan digunakan pada acara puncak yang akan berlangsung Sabtu (22/6/2019).

Sekitar lima panggung akan digunakan untuk acara puncak perayaan HUT DKI yang akan berlangsung Sabtu sore pukul 16.00 WIB hingga 24.00 WIB.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓