Sukses

Tempat-Tempat Wisata Gratis Saat HUT Jakarta Hari Ini

Selain kemeriahan acara, HUT Jakarta juga memanjakan masyarakatnya yang ingin menikmati tempat wisata pada hari ini dengan gratis. Mana saja?

 

Liputan6.com, Jakarta - Kota Jakarta hari ini berulang tahun ke ke-492. Momen HUT Jakarta itu akan dirayakan dalam acara puncaknya di sekitaran Bundaran HI pada Sabtu pukul 17.00 WIB.

Bertemakan "Wajah Baru Jakarta", acara ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan Pasha, Kotak, Siti Badriah, dan Wali.

Rangkaian HUT Jakarta digelar 17-30 Juni 2019. Acara akan dimulai dengan live mural oleh mahasiswa di Terowongan Jalan Kendal, JakartaPusat, pada 17 Juni 2019. Mereka akan melukis di dinding sepanjang terowongan sisi utara bagian kiri dari arah Stasiun MRT mulai pukul 09.00-18.00 WIB.

Selain kemeriahan acara, HUT Jakarta juga memanjakan masyarakatnya yang ingin menikmati tempat wisata pada hari ini. Mereka dapat mengunjunginya tanpa dikenakan biaya masuk alias gratis.

Mana saja lokasi wisata tersebut? Berikut lokasi piknik gratis hari ini:

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ancol

PT Taman Impian Jaya Ancol selaku pengelola tempat rekreasi Ancol menggratiskan pengunjung yang datang hari ini, Jumat (21/6).

Kepala Corporate Communications Ancol, Rika Lestari, menuturkan penggratisan tiket tidak hanya dilakukan untuk warga DKI.

Ancol hari ini, ia menambahkan, terbuka gratis untuk seluruh masyarakat yang ingin datang dan rekreasi. Hari ini jam operasional Ancol berlangsung hingga pukul 18.00 WIB.

"Kebijakan ini merupakan salah satu yang rutin dilakukan oleh Manajemen Ancol untuk menyambut hari ulang tahun Kota Jakarta," kata Rika dalam keterangannya, Jumat (21/6).

"Pemberlakuan gratis hanya untuk individu dan tidak termasuk kendaraan. Akses gratis juga hanya berlaku di Pintu Gerbang Utama Ancol, tidak berlaku untuk semua unit rekreasi yang terdapat di dalamnya."

 

3 dari 4 halaman

Museum

Dalam rangka HUT ke-492 Kota Jakarta, Pemprov DKI Jakarta menggratiskan retribusi kunjungan di delapan museum pada 22 Juni dan 23 Juni 2019.

"Masuk gratis berlaku sesuai jam buka museum. Jam buka musem pukul 08.00," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Edy Junaedi dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/6/2019).

Kedelapan museum tersebut yakni, Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum MH Thamrin, Museum Prasasti, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Tekstil, serta Museum Bahari.

 

4 dari 4 halaman

Monas

Selain delapan museum, terdapat enam destinasi wisata lain yang dikelola Disparbud DKI yang juga digratiskan. Keenam destinasi wisata tersebut yakni, Monumen Nasional, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Planetarium, Anjungan Pemprov DKI di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Taman Arkeologi Onrust, serta Rumah Si Pitung.

Edy Junaedi mengatakan, kebijakan tersebut dalam rangka berbagi kebahagian dan kemeriahan dengan masyarakat di hari HUT Jakarta.

"Kami ingin masyarakat Jakarta ini ikut merasakan kegembiraan perayaan ulang tahun Jakarta sekaligus masyarakat juga bisa mengetahui perjalanan sejarah kota Jakarta melalui museum," ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Edy Junaedi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.