Tempat-Tempat Wisata Gratis Saat HUT Jakarta Hari Ini

Oleh Muhammad Ali pada 22 Jun 2019, 09:37 WIB
Diperbarui 24 Jun 2019, 09:13 WIB
Malam Puncak HUT DKI Jakarta di Bundaran HI

 

Liputan6.com, Jakarta - Kota Jakarta hari ini berulang tahun ke ke-492. Momen HUT Jakarta itu akan dirayakan dalam acara puncaknya di sekitaran Bundaran HI pada Sabtu pukul 17.00 WIB.

Bertemakan "Wajah Baru Jakarta", acara ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan Pasha, Kotak, Siti Badriah, dan Wali.

Rangkaian HUT Jakarta digelar 17-30 Juni 2019. Acara akan dimulai dengan live mural oleh mahasiswa di Terowongan Jalan Kendal, JakartaPusat, pada 17 Juni 2019. Mereka akan melukis di dinding sepanjang terowongan sisi utara bagian kiri dari arah Stasiun MRT mulai pukul 09.00-18.00 WIB.

Selain kemeriahan acara, HUT Jakarta juga memanjakan masyarakatnya yang ingin menikmati tempat wisata pada hari ini. Mereka dapat mengunjunginya tanpa dikenakan biaya masuk alias gratis.

Mana saja lokasi wisata tersebut? Berikut lokasi piknik gratis hari ini:

 

2 of 5

Ancol

Libur Lebaran Kedua di Ancol
Warga memanfaatkan libur Idul Fitri 1440 H dengan memadati kawasan Beach Pool, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Kamis (6/6/2019). Sejumlah kawasan wisata di ibukota termasuk Taman Impian Jaya Ancol menjadi tujuan wisata masyarakat menghabiskan libur lebaran 2019. (Liputan6.com/Johan Tallo)

PT Taman Impian Jaya Ancol selaku pengelola tempat rekreasi Ancol menggratiskan pengunjung yang datang hari ini, Jumat (21/6).

Kepala Corporate Communications Ancol, Rika Lestari, menuturkan penggratisan tiket tidak hanya dilakukan untuk warga DKI.

Ancol hari ini, ia menambahkan, terbuka gratis untuk seluruh masyarakat yang ingin datang dan rekreasi. Hari ini jam operasional Ancol berlangsung hingga pukul 18.00 WIB.

"Kebijakan ini merupakan salah satu yang rutin dilakukan oleh Manajemen Ancol untuk menyambut hari ulang tahun Kota Jakarta," kata Rika dalam keterangannya, Jumat (21/6).

"Pemberlakuan gratis hanya untuk individu dan tidak termasuk kendaraan. Akses gratis juga hanya berlaku di Pintu Gerbang Utama Ancol, tidak berlaku untuk semua unit rekreasi yang terdapat di dalamnya."

 

3 of 5

Museum

Museum Sejarah Jakarta
Museum Fatahillah (dok.Liputan6/Devita Nur Azizah)

Dalam rangka HUT ke-492 Kota Jakarta, Pemprov DKI Jakarta menggratiskan retribusi kunjungan di delapan museum pada 22 Juni dan 23 Juni 2019.

"Masuk gratis berlaku sesuai jam buka museum. Jam buka musem pukul 08.00," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Edy Junaedi dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/6/2019).

Kedelapan museum tersebut yakni, Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum MH Thamrin, Museum Prasasti, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Tekstil, serta Museum Bahari.

 

4 of 5

Monas

Suasana Monas Saat Libur Natal 2018
Sejumlah pengunjung menaki kereta wisata saat liburan di Monumen Nasional (monas), Jakarta, Selasa (25/12). Liburan Natal 2018, banyak warga datang bersama kerabat maupun keluarga memadati Monas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selain delapan museum, terdapat enam destinasi wisata lain yang dikelola Disparbud DKI yang juga digratiskan. Keenam destinasi wisata tersebut yakni, Monumen Nasional, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Planetarium, Anjungan Pemprov DKI di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Taman Arkeologi Onrust, serta Rumah Si Pitung.

Edy Junaedi mengatakan, kebijakan tersebut dalam rangka berbagi kebahagian dan kemeriahan dengan masyarakat di hari HUT Jakarta.

"Kami ingin masyarakat Jakarta ini ikut merasakan kegembiraan perayaan ulang tahun Jakarta sekaligus masyarakat juga bisa mengetahui perjalanan sejarah kota Jakarta melalui museum," ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Edy Junaedi.

5 of 5

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓