Sukses

Harmoni, Gedung Tua Zaman Belanda yang Jadi Nama Jalan di Jakarta

Nama Harmoni rupanya berasal dari nama gedung yang sangat penting.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Harmoni yang berada di Jakarta Pusat juga cukup populer. Harmoni ini berada di persimpangan Jalan Majapahit dan letaknya tak jauh dari Istana Negara.

Saat ini, Harmoni mungkin dikenal sebagai salah satu shelter atau halte transit bagi bus Transjakarta dengan berbagai tujuan.

Lalu, dari mana asal nama Harmoni?

Zaenuddin HM menjelaskan dalam bukunya 212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada 2012.

Nama Harmoni rupanya berasal dari nama gedung yang sangat penting ketika Batavia dalam kekuasaan pemerintah Hindia Belanda, sekitar abad 17 dan 18.

Gedung itu bernama Sosietiet De Harmonie, yang menjadi tempat berpestanya kaum sosialita Belanda, dilanjutkan saat Inggris berkuasa di Batavia.

Mereka sering berkumpul, beramah-tamah, dan mencari jodoh di gedung besar berarsitektur Belanda bernama Harmoni itu. Di tempat itu juga sering terjadi keributan akibat pesta dan dansa disertai mabuk minuman keras.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gedung Sudah Dibongkar

Pemprov DKI Jakarta pada 1985 membongkar gedung bersejarah itu persis ketika gedung yang pernah berjaya tersebut berumur 170 tahun.

Meski bangunan bersejarah Sosietiet De Harmonie sudah tidak ada lagi, tempat dan kawasan itu tetap disebut Harmoni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.