Sukses

Sidak Rutan KPK, Kemenkumham: Tempat Tidur dan Kamar Mandinya Sangat Bagus

Menurut Heni, kondisi di Rutan Cabang KPK cukup berbeda dengan yang lainnya. Hampir seluruhnya mengalami kelebihan jumlah tahanan.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Benda Sitaan dan Barang Rampasan Negara Dirjen PAS Kemenkumham, Heni Yuwono melakukan sidak di Rutan Cabang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan. Hasilnya, kondisi di lokasi terbilang bagus.

"Kalau dari segi fasilitas, tempat tidur, kamar mandi dan wc-nya sangat bagus. Artinya kapasitas yang ada, inikan masih normatif. Artinya masih mempunyai space yang luas, cukup luas untuk berinteraksi dan bergerak di dalam selnya. Karena tidak over capacity ya," tutur Heni di lokasi, Kamis (20/6/2019).

Menurut Heni, kondisi di Rutan Cabang KPK cukup berbeda dengan yang lainnya. Hampir seluruhnya mengalami kelebihan jumlah tahanan.

"Kapasitas rutan kita hanya 130 ribuan. Kondisi saat sekarang, isi lapas kita ada 260 lebih penghuni. Sehingga terjadi kelebihan kapasitas yang sampai sekian ratus persen," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagian Kemenkumham

Adapun soal integritas penjaga, di Rutan Cabang KPK sendiri petugasnya juga bagian dari Kemenkumhan. Sehingga aturan dan prosedurnya pun sudah tahu secara umum.

"Kebetulan penjagaan rutan di KPK berasal dari jajaran Ditjen Pemasyarakatan. Sehingga mereka sudah tentu tahu tentang bagaimana tata cara dan SOP sebagai penjaga rutan. Karena dia rekruitmen berasal dari kami," Heni menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.