Sukses

Roadshow di Yogyakarta, Caketum HIPMI Mardani Beri Bantuan Modal ke UKM

Mardani memahami bahwa para UMKM harus dirangkul. Karena jumlahnya besar dan bergerak di sektor-sektor informal dan melibatkan banyak tenaga kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki masa kampanye dalam rangka pemilihan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), calon ketua umum nomor urut 4, Mardani H Maming langsung melakukan aksi nyata. Dia melakukan roadshow ke daerah-daerah, seperti Jogjakarta, Selasa 18 Juni 2019.

Menariknya, tidak hanya didampingi Ketum BPD DI Yogyakarta, kunjungan silaturahim Caketum Mardani juga dikawal ramai-ramai oleh Ketum BPD Sultra, Ketum BPD Maluku, Ketum BPD Sulteng dan Ketum BPD Kalsel.

Salah satu agenda kunjungannya untuk meninjau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah Kasongan dan Krebet Pajangan di Kabupaten Bantul. Di daerah ini banyak pengusaha muda yang memanfaatkan potensi kerajinan kayu dan kertas.

Dalam kesempatan ini, Mardani ingin melihat langsung geliat para UMKM di daerah, berdialog serta menyerap aspirasi mereka, menanyakan kendala apa saja yang dihadapi serta harapan-harapan mereka untuk bisa dikembangkan lagi, baik dari sisi kapasitas skill dan pengalaman, maupun juga jejaring pemasarannya sehingga diharapkan usaha mereka makin tumbuh dan berkembang.

"Saya ini berangkat dari keluarga yang gemar berusaha, bahkan sebelum menjadi Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Sekarang setelah tidak menjabat lagi, saya akan dedikasikan waktu saya untuk dunia usaha," kata dia dalam keterangannya, Rabu (19/6/2019).

Mardani memahami bahwa para UMKM harus dirangkul. Karena jumlahnya besar dan bergerak di sektor-sektor informal dan melibatkan banyak tenaga kerja.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Penting UMKM

"UMKM ini kita tahu memberikan kontribusi penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional, bahkan di saat ekonomi sulit pun, UMKM ini terbukti mampu menopang bangsa ini agar tidak terpuruk. Saya yakin apabila mereka difasilitasi, peran dan kontribusi mereka akan semakin terlihat nyata di masyarakat," tutur Mardani.

Dalam kunjungan itu, Mardani tertarik dengan usaha salah satu pengrajin kayu dan kertas. Dia pun secara spontan memberikan bantuan sebesar Rp 5 juta sebagai tambahan modal usaha. Wahyuni si pemilik usaha yang mendapat bantuan itu tak bisa menutupi rasa gembiranya.

"Alhamdulillah atas bantuan dari Pak Mardani ini. Saya kagum beliau ini pengusaha yang masih sangat muda dan terbukti sukses membesarkan usahanya di banyak sektor, namun tetap peduli dengan kami-kami ini yang masih skala kecil. Saya mendoakan beliau terpilih menjadi Ketua Umum HIPMI Pusat sehingga bisa makin luas dalam mengembangkan usaha teman-teman UMKM di pelosok Tanah Air," ucapnya penuh haru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.