Golkar Dorong Airlangga Jadi Capres di Pemilu 2024

Oleh Liputan6.com pada 19 Jun 2019, 14:22 WIB
Lewat Aplikasi SaksiKu, Ketum Golkar Pantau Perolehan Suara di TPS

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) Dave Akbarshah Fikaro Laksono menilai, Ketua Umum (Golkar) Airlangga Hartarto layak diorbitkan sebagai calon presiden (capres) pada pemilu 2024.

‎"Sangat diharapkan dari kader internal untuk dia (Airlangga Hartarto) maju sebagai calon presiden di 2024 nanti," kata Dave kepada wartawan di Jakarta, Selasa (18/6/2019).

‎Dave menyampaikan, meski Golkar mempunyai banyak kader yang bisa diorbitkan untuk 2014, namun sosok Arlangga Hartarto layak dipertimbangkan guna diorbitkan masuk bursa untuk Pilpres 5 tahun mendatang.

‎"Tapi kalau kandidat siapa yang potensi untuk maju 2024, ya banyak, ketua umum kitakan namanya sangat bagus, sangat baik, terus prestasinya juga jelas. Kalau kader sih kita tidak khawatir, banyak yang bisa kita orbitkan untuk ke depannya," ujar Dave.

Meski terlalu dini berbicara sosok capres yang diharapkan berasal dari internal Partai Golkar, menurut Dave, sosok Airlangga mempunyai prestasi sangat bagus dalam memimpin partai meski baru sekitar 15 bulan.

‎Dave menyampaikan, sebelum Airlangga menjadi Ketum, Golkar dilanda sejumlah masalah, termasuk tersandungnya Setya Novanto dalam kasus korupsi e-KTP dan beberapa kader lainnya. Namun di bawah kepemimpinan Airlangga, Golkar mampu menjawab sejumlah prediksi bahkan mematahkan hasil survei soal raihan suara di Pemilu 2019.

2 of 2

Berprestasi Jadi Menteri

Ribuan Kader Hadiri Kampanye Akbar Partai Golkar di Istora Senayan
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyapa kader dan simpatisan saat Kampanye Akbar Partai Golkar di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (9/4). Acara diisi dengan penyampaian pidato politik oleh Airlangga Hartarto. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Sesuai hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Golkar meraih 17.229.798 suara atau 12,3% untuk tingkat nasional. Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, beberapa waktu lalu menyampaikan, bahwa Golkar meraih urutan kedua perolehan kursi DPR yakn‎i sebanyak 85.

"‎Ya itu kan prestasi, jadi waktu dia (Airlangga) menjadi ketua umum, kan kondisi Golkar kan lagi carut marut, sekarang dia berhasil menaikkan suara Golkar. Ya prestasinya itu luar biasa. Jadi itu harus jadi pertimbangan untuk menentukan ke depannya," kata Dave.

Bukan hanya dari kepemimpinan di partai, menurut Dave, Airlangga yang kini menjabat sebagai Menteri Perindustrian ‎juga cukup berhasil berkiprah di pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

‎"Itukan posisi beliau hari ini kan. Itukan menunjukkan bahwa dia sebagai menteri itu berhasil memimpin kementerian, baik dari secara keuangan, prestasi, ada banyak keberhasilan yang dia toreh sebagai menteri. Itu menunjukkan kemampuan dia dalam menjalankan pemerintahan," katanya.

Menurutnya, hal-hal tersebut yang kembali harus menjadi pertimbangan untuk terus mengorbitkan beliau ke depannya. "Jadi untuk dia sebagai dia calon presiden di 2024 sudah memiliki modal yang cukup," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓