Sukses

Jokowi Akan Angkat Isu Perang Dagang AS-China di KTT ASEAN ke-34 Thailand

Menurut Jokowi, negara-negara Asia Tenggara perlu bersatu menghadapi perang dagang agar stabilitas ekonomi di ASEAN tetap terjaga

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar rapat terbatas (ratas) persiapan kunjungan kerja Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34 di Thailand dan G-20 Summit 2019 di Jepang. Jokowi mengatakan, ada tiga isu yang akan diangkat dalam KTT ASEAN ke-34, salah satunya perang dagang Amerika Serikat-China.

"KTT ASEAN ke-34 di Thailand saya lihat ada isu yang perlu kita angkat. Yang pertama, kita harus mengajak negara ASEAN bersatu dalam mengantisipasi perang dagang antara AS dan Tiongkok," kata Jokowi di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Menurut Jokowi, negara-negara Asia Tenggara perlu bersatu menghadapi perang dagang agar stabilitas ekonomi di ASEAN tetap terjaga. Selain itu, Jokowi menyebut sampah laut juga merupakan isu yang penting untuk diangkat dalam KTT ASEAN ke-34.

"Ketiga yang berkaitan dengan percepatan perdamaian di Rakhine State, Myanmar. Itu tiga hal yang akan kita sampaikan di KTT ASEAN," kata dia.

"Kita harus melakukan persiapan sebaik-baiknya untuk rebut peluang yang ada terutama dalam rangka penguatan ekonomi negara dan kepentingan nasional kita," jelas Jokowi.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digelar 20-23 Juni 2019

Ratas ini dihadiri sejumlah menteri kabinet kerja antara lain, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Kepala Staf Presiden Moeldoko, dan Mensesneg Pratikno.

Ada pula Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise‎, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri ESDM Ignatius Jonan, hingga Menkominfo Rudiantara.

KTT ASEAN ke-34 digelar pada pada 20-23 Juni 2019. KTT ASEAN ke-34 didahului dengan acara Jamuan Makan Malam dan Rangkaian Upacara Pembukaan.

Dalam pertemuan bilateral ini, akan ada Konferensi Tingkat Tinggi Kerja sama Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA). Setelah itu, KTT Kerja sama Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.