Sukses

Anies Target Gas Emisi Rumah Kaca Jakarta Turun 30 Persen di 2030

Menurut Anies, progres Jakarta saat ini untuk mencapai target tersebut sudah terbilang baik.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan Jakarta bisa menurunkan kadar gas emisi rumah kaca sebesar 30 persen di 2030. Hal ini terkait laporan Greenpeace yang menyatakan Jakarta sebagai kota dengan polusi udara tertinggi di Asia Tenggara.

Menurutnya, progres Jakarta saat ini untuk mencapai target tersebut sudah terbilang baik.

"Sekarang masih 2019, jadi kita sudah ada 11 tahun tapi kita sudah menurunkan mencapai 22 persen. Artinya kita melakukan dengan baik. Mudah-mudahan kita bisa lebih awal dari target 2030," tukas Anies di Balai Kota, Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Dia mengatakan, salah satu upaya utama Jakarta adalah dengan menyediakan transportasi publik yang layak. Sebab, kendaraan pribadi akan selalu menjadi pilihan masyarakat bila transportasi publik yang ada tidak memadai.

Apalagi, Jakarta memiliki 17 juta kendaraan bermotor. Anies menilai, hal itu harus segera diatasi dengan tepat.

"Nah yang kita kerjakan adalah membereskan transportasi publik, kualitasnya lebih baik, terintegrasi, harganya terjangkau, kemudian rutenya pun terjangkau," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja Sama dengan C40

Anies menambahkan, Jakarta juga bekerja sama dengan C40 untuk bisa mengatasi masalah krisis iklim. Nantinya, Jakarta akan dibantu dalam hal melihat pengalaman dan keberhasilan C40 untuk mengubah kota menjadi rendah emisi.

Deputy Head of Mission British Embassy Jakarta Rob Fenn menuturkan, C40 siap membantu kota Jakarta dalam berinovasi untuk mengatasi masalah polusi.

"Gubernur Anies Baswedan menggunakan metafora tentang bagaimana kita berbelanja untuk ide, dan C40 umpamanya adalah supermarket terbesar. UK senang untuk bisa mendukung, dan kita semua di sini ada untuk saling bertukar ide dalam  masalah krisis iklim ini,” ujarnya.

C40 (Cities Climate Leadership Group) sendiri adalah grup yang menghubungkan 90 kota terbaik di dunia untuk mulai beralih menjadi kota rendah emisi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan