Sukses

Pukul Kentongan, Jokowi Resmi Buka Pesta Kesenian Bali ke-41

Tak mau ketinggalan momen ini, Jokowi yang mengenakan pakaian adat Bali mengajak Iriana untuk berswafoto.

Liputan6.com, Denpasar - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi membuka pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 di Monumen Perjuangan Rakyat Bali Niti Mandala Reno Kota Denpasar, Bali. Pembukaaan ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Jokowi.

"Siang hari ini, saya membuka dan melepas pawai Pesta Kesenian Bali yang ke-41 tahun 2019. Matur suksma," kata Jokowi di lokasi, Sabtu (15/6/2019).

Jokowi tak banyak memberikan kata sambutan. Dia lebih memilih untuk menonton pawai budaya yang melibatkan 4.370 seniman itu.

Tak hanya Jokowi, Ibu Negara Iriana beserta putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka, istrinya Selvi Ananda, dan cucu tertua Jan Ethes Srinarenda juga sangat antusias meyaksikan pawai tersebut.

Tak mau ketinggalan momen ini, Jokowi yang mengenakan pakaian adat Bali mengajak Iriana untuk berswafoto. Mantan Wali Kota Solo itu juga membuat vlog di ponsel pribadinya untuk mendokumentasikan acara tersebut.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Gubernur Bali I Wayan Koster, serta duta besar dan perwakilan negara sahabat. Sejumlah menteri wanita di Kabinet Kerja turut diajak Iriana menghadiri Pesta Kesenian Bali.

Selain membuka acara, Jokowi direncanakan juga akan mengikuti pawai Pesta Kesenian Bali. Acara tersebut rutin dilakukan oleh Pemprov Bali. Pesta Kesenian Bali yang memasuki tahun ke-41 itu akan digelar 15 Juni-13 Juli 2019. Lokasinya di Taman Budaya, Denpasar, Bali.

Tahun ini, tema yang diusung adalah Bayu Pramana. Visi tersebut sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Ada 7 agenda utama dalam Pesta Kesenian Bali 2019. Ada pawai, parade, lomba, hingga pagelaran. Ada juga workshop, pameran, dan sarasehan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diikuti Ribuan Seniman

Pesta Kesenian Bali 2019 diikuti 41 partisipan, 9 kabupaten/kota di Bali, 21 Luar daerah, dan 11 Luar negeri. Kota Denpasar sendiri akan mengirimkan 3.000 seniman. Mereka akan mengikuti 26 materi di Pesta Kesenian Bali.

Berbagai persiapan sudah dilakukan, seperti pembinaan Janger Kedaton Sumerta di Banjar Kedator Sumerta, Denpasar Timur. Para seniman asal Pulau Dewata akan menampilkan Tari Janger Kedaton. Tarian ini akan melibatkan 32 penari dan 25 orang penabuh iringan musiknya.

Pesta Kesenian Bali juga jadi media untuk melestarikan budaya. Seperti melestarikan tari Janger Kedaton. Tarian ini sudah ada sejak 1906. Janger Kedaton dikenal juga dengan nama Janger Sesungsungan Krama Banjar Kedaton. Tarian tersebut menjadi salah satu aset dan warisan budaya Denpasar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.