Sukses

Pengelola Candi Boko Gelar Festival Keris

Pengelola Candi Boko menggelar festival keris untuk mengangkat kembali keberadaan keris yang mulai dilupakan generasi muda.

Fokus, Yogyakarta - Festival keris yang digelar di Candi Boko, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menarik perhatian warga. Tak hanya ratusan keris dari berbagai daerah di Indonesia yang sudah berusia ratusan tahun, pengunjung juga bisa melihat keindahan Yogyakarta dari atas ketinggian saat sunset.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (15/6/2019), ratusan keris berusia ratusan tahun dipamerkan selama sepekan di Kompleks Kraton Ratu Boko, Sleman.

Festival digelar menyusul keprihatinan pengelola Candi Boko terkait makin kurangnya apresiasi masyarakat terhadap keris yang merupakan senjata asli Tanah Air. Bahkan masyarakat saat ini, terutama generasi muda, hanya mengetahui keris justru terkait hal-hal negatif yang bersifat mistis.  

Momen liburan seperti sekarang dianggap cocok untuk mengangkat kembali keberadaan keris. Keris yang dipamerkan mulai dari zaman Majapahit, Pajajaran hingga kemerdekaan.  

Tidak hanya keris, berbagai senjata khas nusantara lain juga dipajang, seperti rencong dan golok. Pengunjung juga bisa membeli berbagai koleksi keris dan perlengkapannya dalam bazaar yang digelar di selasar ruang pameran.  

Dari lokasi festival, pengunjung juga bisa melihat keindahan Yogyakarta dari ketinggian saat matahari terbenam.