Jokowi Sebut Kajian Bandara Bali Utara Segera Rampung

Oleh Lizsa Egeham pada 15 Jun 2019, 04:33 WIB
Jokowi Sambangi Pasar Sukawati di Gianyar

Liputan6.com, Denpasar - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berbicara tentang sejumlah proyek yang akan dibangun di Provinsi Bali. Salah satunya adalah proyek pembangunan Bandara Bali Utara yang kajiannya akan segera dirampungkan.

"Mungkin airport yang Bali bagian utara segera diputuskan studinya. Selesai kajiannya rampung, putusin," kata Jokowi di Waduk Muara Nusa Dua Bali, Jumat 14 Juni 2019.

Bandara tersebut rencananya akan berlokasi di kawasan perbukitan dengan tebing tidak dalam slof yang tinggi di Buleleng, Bali Utara. Lokasi tepatnya kemungkinan di Kubutambahan.

Selain bandara, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga berbicara tentang proyek kereta api di Bali. Menurut dia, proyek tersebut saat ini masih dalam tahap studi kelayakan.

"Belum. Masih dalam studi," ucap dia.

Jokowi lalu menyebut beberapa proyek infrastruktur yang dibangun di Pulau Dewata itu, seperti revitalisasi Pasar Sukawati dan Pusat Kebudayaan Bali. Sementara terkait reklamasi Pulau Benoa, Jokowi menuturkan akan mendengarkan masukan dari masyarakat.

"Jalan enggak sih? Jalan enggak sudah lima tahun? Pertanyaannya, sudah lima tahun jalan nggak? Ya kan?" ucap Jokowi menanyakan kelanjutan reklamasi Pulau Benoa.

 

2 of 2

Agenda Jokowi

Selain membagikan sertifikat tanah, Jokowi akan menghadiri Pesta Kesenian Bali 2019 pada Sabtu 15 Juni 2019. Ada dua agenda utama yang akan dijalankan Jokowi di sana. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan melepas Pawai Pesta Kesenian Bali pada Sabtu pukul 14.00 Wita.

Lokasinya berada di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Denpasar. Pawai ini akan diikuti oleh 4.370 orang peserta. Terdiri dari 9 kabupaten/kota di Bali. Bergabung juga peserta dari Sumenep dan Tiongkok.

Sedangkan opening ceremony digelar Sabtu malam, mulai pukul 20.00 Wita. Lokasinya di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya, Denpasar. Agenda ini akan dimeriahkan dengan Oratorium Tari Bali Padma Bhuwana yang dibawakan ISI Denpasar.

Gubernur Bali Wayan Koster pun mengungkapkan, skenario kehadiran Jokowi di Pesta Kesenian Bali tidak berubah.

"Presiden Jokowi sampai sekarang tetap terjadwal di Pesta Kesenian Bali. Agenda yang akan dijalaninya Pawai Pesta Kesenian Bali dan pembukaannya. Sejak awal kami sudah berbicara detail dengan Presiden Jokowi terkait agenda Pesta Kesenian Bali tahun ini," ungkap Wayan Koster.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by