Sukses

Kunjungi Palu, Anies: Komitmen Kita Turun Tangan Kalau Ada Bencana

Anies juga turut berbela sungkawa serta menyampaikan komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk berkontribusi memulihkan daerah yang terdampak bencana.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan kerja ke Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) guna meninjau langsung pemanfaatan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk korban bencana di sana. 

Dia turut menyampaikan bela sungkawa serta komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk berkontribusi memulihkan daerah yang terdampak bencana.

"Komitmen kita adalah sebisa mungkin turun tangan kalau ada bencana, sehingga kami menyiapkan anggaran yang memungkinkan, serta sudah dikoordinasikan dengan berbagai pihak," tutur Anies melalui sebuah pernyataan tertulis, Jumat (14/6/2019). 

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah menganggarkan bantuan sebesar Rp 60 miliar. Hal ini berdasarkan permohonan bantuan keuangan yang diajukan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah kepada Gubernur DKI Jakarta melalui Surat No. 360/460/BPBD tanggal 29 September 2018. 

Menurut Anies, dana tersebut merupakan wujud dari kontribusi warga Jakarta dalam meringankan beban para korban bencana di Palu, Donggala, dan Sigi. 

"Saya ingin menampilkan kondisi before after usai bantuan itu di distribusikan, agar mereka (warga Jakarta) memiliki perasaan sebagai satu saudara, sebangsa, dalam memulihkan bencana. Kami bersyukur, Palu dan Sulteng pulih dengan cepat," jelas Anies

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemanfaatan Dana

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Longki Djanggola menyatakan, bantuan sebesar Rp 60 miliar dari Pemprov DKI Jakarta telah  tepat dimanfaatkan untuk fokus kepada satu sektor, yakni untuk akses jalan ke berbagai desa yang terkena dampak gempa, tsunami, serta longsor.

"Saya sampaikan terima kasih atas semua bantuan Pemprov DKI Jakarta. Saya arahkan bantuan itu pada satu sektor tertentu, yakni perbaikan jalan dari Palu, Donggala, dan Sigi," ujar Longki. 

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Sulawesi Tengah, Syaifullah Djafar menjelaskan, keseluruhan dana yang masuk telah dianggarkan ke dalam APBD 2019 yang dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap tanggap darurat dan tahap rehabilitasi.

"Pada tahap tanggap darurat fokus menyambung akses jalan antar desa, antara lain Jalan Kalawara-Kulawi sepanjang 18 kilometer dan Poros Pinembani sepanjang 11 kilometer. Sementara itu, tahap rehabilitasi akan fokus pada perbaikan jalan-jalan di kota Palu, Donggala, dan Sigi," dia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Palu adalah kota kecil yang berada di Pulau Sulawesi, Indonesia.
    Palu adalah kota kecil yang berada di Pulau Sulawesi, Indonesia.

    Palu