Sukses

Ada Desakan KLB, Ini Respons Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Agus Hermanto menilai, desakan KLB sebagai masukan.

Liputan6.com, Jakarta - Politikus senior Partai Demokrat mendesak digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) untuk pergantian Ketua Umum. Mereka menginginkan posisi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua Umum digantikan oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Agus Hermanto menilai, desakan tersebut sebagai masukan. Kata dia, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat akan segera membahas usulan tersebut.

"Tentunya seperti itu (dibahas di DPP) karena kemarin baru suatu penyampaian ide dan sebagainya. DPP pasti akan melaksanakan rapatnya akan melaksanakan fungsi-fungsinya dan tentunya pasti ditanggapi," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/6/2019). 

Lebih lanjut Agus menyatakan, usulan itu menurutnya tidak harus ditanggapi dengan mengikuti keinginan para senior. Namun, dia pastikan usulan tersebut akan dibahas di DPP. 

"Dalam hal ini ditanggapi tidak harus seperti apa yang diminta bisa saja yang lain. Tapi semuanya pasti apa yang disampaikan kader pasti akan ditanggapi oleh DPP, " ungkapnya.

Terkait kritik menurunnya elektabilitas Partai Demokrat, Agus mengakuinya. Faktor-faktor penurunan elektabilitas juga akan dibahas di DPP.

"Memang Partai Demokrat ada penurunan dan penurunan itu ada yang mempunyai pandangan apa. Ini hanya karena barangkali disebabkan A B C D dan lainya. Ini adalah usulan, sekali usulan ini dari kader Parati Demokrat dan kebetulan dari senior-senior," ucapnya.

Meski begitu, Agus yakin semua usulan para senior untuk kebaikan Partai Demokrat.

"Ini sesuatu ide dan tentunya suatu pendapat yang harus diproses dan itulah yang harus disampaikan. Sehingga seluruh hal yang dilakukan pastinya menuju kebaikan," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AHY Wajah Partai Demokrat

Sebelumnya, politisi senior Partai Demokrat Max Sopacua mengungkap alasan mendukung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk mendukung Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) sebagai Ketua Umum. Menurut Max, AHY merupakan wajah partai Demokrat saat ini.

Dia ditugaskan sebagai Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Demokrat pada Pemilu 2019. AHY mengemban tugas SBY ke daerah-daerah karena kompilasi yang menangani ayah menangani perawatan ibunda Ani Yudhoyono.

"Bagi kami yang paling depan saat ini adalah AHY. Yang sudah maju, yang sudah poling, yang sudah kerja ke daerah-daerah," ujar Max di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (13/6).

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.