Sukses

Kampanye Selesai, Jokowi Kembali Bagi-Bagi Sepeda

Jokowi mengaku selama masa kampanye 7 bulan dirinya tak lagi membagikan sepeda untuk menghindari polemik.

Liputan6.com, Bali - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali membagi-bagikan sepeda kepada masyarakat di sela-sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Bangli, Bali, Jumat, 14 Juni 2019. 

Jokowi mengaku selama masa kampanye 7 bulan dirinya tak lagi membagikan sepeda untuk menghindari polemik.

"Mau sepeda? Siapa mau sepeda? Ntar. Tapi harus ditanya dulu. Apa? Ada yg bisa cerita urus sertifikat ini berapa hari, bulan. Cepet nggak?" ucap Jokowi di Lapangan Kilobar. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian memanggil beberapa warga yang hadir untuk menceritakan pengalamannya ikut program sertifikasi tanah. Salah satu warga yang dipanggil bernama Adi Jaya atau Gungah menjelaskan proses pengurusan sertifikasi tanah.

"Enggak sampai satu bulan. Setelah pendaftaran diukur di lapangan, setelah itu pemberkasan dan ada sidang. Setelah sidang, selesai," kata warga asal Tabanan itu.

Ada pula Putu warga Gianyar yang dipanggil Jokowi. Kepada mantan Wali Kota Solo itu, dia menceritakan pengalamannya mengurus sertifikat tanah kurang lebih sebulan.

"Urus kurang lebih satu bulan. Fotokopi KK, KTP, silsilah keluarga, sama pendamping tanah," ujar Putu.

Di akhir dialog, Jokowi lalu meminta kedua warga tersebut melafalkan Pancasila. Usai berhasil melafalkan Pancasila tanpa teks, keduanya mendapatkan sepeda. 

Di akhir dialog, Jokowi meminta kedua warga tersebut untuk melafalkan Pancasila. Putu dan Gungah pun berhasil mendapat sepeda dari Jokowi karena dapat menyebutkan Pancasila tanpa melihat teks.

"Sepedanya diambil. Makasih. Sekarang habis Pemilu boleh beri sepeda lagi. Dulu 7 bulan selama kampanye nggak boleh kasih sepeda. Ya sudah, kebeneran sepedanya masih utuh," jelas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Polemik

Sebelumnya, saat memasuki masa kampanye Pilpres 2019, calon presiden petahana Joko Widodo atau Jokowi tak lagi membagikan sepeda kepada warga. Ini dilakukannya untuk menghindari polemik di ruang publik.

"Nanti timbul polemik. Saya hindari itu," kata Jokowi di Gedung Balai Kartini, Kuningan, Jakarta, Selasa 25 September 2019.

Sejak saat itu, Jokowi tak lagi memberikan kuis singkat dan hadiah sepeda kepada warga yang hadir. Para warga yang maju ke atas panggung kemudian diberikan kesempatan untuk berfoto bersama Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Bali