Tinjau Pasar Sukawati di Gianyar, Jokowi dan Iriana Beli Buah-buahan

Oleh Lizsa Egeham pada 14 Jun 2019, 08:43 WIB
Presiden Joko WIdodo

Liputan6.com, Gianyar - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau rencana revitalisasi Pasar Sukawati di Jalan Ciung Wanara, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Jokowi yang ditemani Ibu Negara Iriana turut membeli buah-buahan di sela-sela peninjauannya.

Berdasarkan pantauan, Jokowi dan Iriana yang mengenakan kemeja berwarna putih tiba di Pasar Sukawati pada pukul 08.24 Wita. Setibanya di lokasi, mantan Gubernur DKI Jakarta itu terlebih dahulu melihat spanduk rencana revitalisasi Pasar Sukawati.

Usai mendapat penjelasan dari Bupati Gianyar I Made Mahayastra, Jokowi lalu bekeliling Pasar Sukawati untuk melihat apa saja yang dijual. Sontak kedatangan Jokowi tersebut membuat heboh para penjual dan pembeli di pasar.

"Pak Jokowi, Pak Jokowi, sini Pak... Pak Jokowi," teriak para pedagang Pasar Sukawati meminta Jokowi mampir ke kios miliknya, Jumat (14/6/2019).

Jokowi dan Iriana lalu mampir ke tempat penjual buah-buahan. Setelah memilih-milih, dia akhirnya membeli salak dan semangka. Total belanjaan Jokowi Rp 30 ribu.

Mantan Wali Kota Solo itu berharap, revitaliasi Pasar Sukawati dapat rampung pada 2020. Dia ingin pasar yang terkenal dengan sebutan Pasar Rakyat ini dapat menjadi pusat perbelajaan yang modern, bersih, dan tertata.

"Kita harapkan betul-betul jadi pasar yang bersih, pasar yang tertata sehingga pengunjung bisa nyaman datang ke Pasar Sukawati," ucap Jokowi di lokasi.

Jokowi dan Iriana lalu meninggalkan Pasar Sukawati menuju Lapangan Kilobar Kabupaten Bangli. Di sana, dia akan menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat.

2 of 3

Agenda Jokowi

Selain membagikan sertifikat tanah, Jokowi dikabarkan akan menghadiri Pesta Kesenian Bali 2019 pada Sabtu, 15 Juni 2019. Ada dua agenda utama yang akan dijalankan Jokowi di sana. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan melepas Pawai Pesta Kesenian Bali pada Sabtu pukul 14.00 Wita.

Lokasinya berada di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Denpasar. Pawai ini akan diikuti oleh 4.370 orang peserta. Terdiri dari 9 kabupaten/kota di Bali. Bergabung juga peserta dari Sumenep dan Tiongkok.

Sedangkan opening ceremony digelar Sabtu malam, mulai pukul 20.00 Wita. Lokasinya di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya, Denpasar. Agenda ini akan dimeriahkan dengan Oratorium Tari Bali Padma Bhuwana yang dibawakan ISI Denpasar.

Gubernur Bali Wayan Koster pun mengungkapkan, skenario kehadiran Jokowi di Pesta Kesenian Bali tidak berubah.

"Presiden Jokowi sampai sekarang tetap terjadwal di Pesta Kesenian Bali. Agenda yang akan dijalaninya Pawai Pesta Kesenian Bali dan pembukaannya. Sejak awal kami sudah berbicara detail dengan Presiden Jokowi terkait agenda Pesta Kesenian Bali tahun ini," ungkap Wayan Koster.

 

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by