Sukses

Kronologi Petugas Damkar Curi Mobil Pemadam Kebakaran di Sunter

Pencurian mobil damkar di Sunter dilakukan pelaku benama Januar Darman (36) yang merupakan petugas Damkar.

Liputan6.com, Jakarta - Satu unit mobil pemadam kebakaran atau damkar berjenis light fire truck milik Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Jakarta Utara berpelat B 9408 PHA, dicuri. Parahnya, pelaku yang benama Januar Darman (36) merupakan petugas Damkar.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto menyatakan kejadian itu terjadi pada Kamis pagi sekitar pukul 05.30 WIB. Pelaku bawa kabur mobil damkar tersebut dari Pos Pemadam Kebakaran Sunter.

"Saat itu, mobil tengah diparkirkan di Pos Damkar Jalan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Saat itu dua orang saksi, Sholahudin dan Cahyana, baru saja selesai mengisi air ke dalam tangki mobil tersebut," kata Budhi di Polres Metro Jakarta Utara, Kamis (13/6/2019). 

Setelah itu, Sholahudin meninggalkan mobil untuk menuju ke kamar mandi, sementara Cahyana masuk ke dalam pos.

Begitu Sholahudin keluar dari kamar mandi dia kaget begitu melihat mobil pemadam kebakaran yang diparkirnya sudah tak ada.

"Sholahudin lalu melapor ke komandannya yang langsung memerintahkan anak buahnya untuk mencari mobil itu," kata Budhi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditemukan di Sawah Besar

Pencarian mobil damkar tersebut dilakukan selama 2 jam. Hingga akhirnya ditemukan di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

"Pelaku kemudian dibawa ke Polsek Tanjung Priok guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Motifnya masih kita dalami," ujarnya.

Atas perbuatannya, pelaku terancam penjara selama 5 tahun. "Pelaku disangka Pasal 362 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara," pungkas Budhi.

 

Repoter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.