Sukses

Peluang Bamsoet Jika Munas Golkar Digelar Desember

Jaringan politik kandidat calon ketua umum, baik ke tingkat akar rumput dan juga ke tokoh sentral Golkar, disebut Said juga menjadi faktor penentu keterpilihan.

Liputan6.com, Jakarta - Bambang Soesatyo (Bamsoet) dinilai berpeluang besar terpilih sebagai ketua umum Partai Golkar pada Musyawarah Nasional (Munas) mendatang. 

Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) Said Salahaduin mengatakan, ada sejumlah faktor yang menentukan peluang keterpilihan calon ketua umum Golkar, di antaranya waktu kapan diselengarakannya Munas.

"Kalau Munas diselengarakan lebih cepat, Oktober misalnya, dengan posisinya hari ini yang masih diperhitungkan, boleh jadi Bamsoet punya peluang lebih dibanding Airlangga. Kalau Munas Desember, peluangnya akan cenderung berimbang. Bahkan bisa muncul kuda hitam," kata Said saat dihubungi, Selasa (23/7/2019).

Jaringan politik kandidat calon ketua umum, baik ke tingkat akar rumput dan juga ke tokoh sentral Golkar, disebut Said juga menjadi faktor penentu keterpilihan. 

Seperti diketahui, Bamsoet yang kini menjabat Ketua DPR RI dikenal memiliki kedekatan dengan kader-kader Golkar di daerah. Sebagai sosok yang mampu bergaul dengan berbagai kalangan, Bamsoet diterima baik oleh kalangan senior maupun anak muda. 

Sementara itu, darisi sisi kedekatan dengan penguasa, imbuh Said, baik Bamsoet maupun Airlangga sama-sama memiliki akses ke Presiden Jokowi.

"Pada tingkat tertentu, Bamsoet punya hubungan mesra dengan Pak Jokowi. Tapi bukan berarti Airlangga tidak dekat dengan Jokowi. Faktor keterpilihan Bamsoet sebagai ketua DPR tak lepas dari faktor Jokowi. Apa lagi belakangan ini Bamsoet banyak mengumbar dukungan kepada Jokowi," kata Said.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.