SBY Ziarah ke Makam Ani Yudhoyono, Siap Kabulkan Keinginan Sang Istri

Oleh Ady Anugrahadi pada 12 Jun 2019, 19:19 WIB
Upacara Militer Pemakaman Ani Yudhoyono

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama keluarga besar, berziarah ke makam almarhumah istrinya, Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2019).

SBY tiba pukul 15.25 WIB. Dia ditemani anak Agus Harimurti Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono beserta para menantu dan cucunya. Selain itu, terlihat pula Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan.

Mereka duduk mengelilingi makam almarhumah sambil mengangkat kedua tangan. SBY memanjatkan doa untuk almarhumah istrinya.

"Kita mohon kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar mama memo tetap harum selamanya dan membawa kebaikan bagi bangsa ini bagi kita semua memo," ucap SBY dalam doanya.

Di hadapan anak, cucu dan menantunya SBY juga menceritakan keinginan istrinya sebelum dipanggil oleh sang khalik.

"Ketika bincang-bincang dengan saya. Memo ingin anak-anak, cucunya juga diberikan barokah, diberikan kesuksesan kerukunan sehingga menjadi keluarga tauladan," ucap dia.

"Memo juga berdoa apapun persoalan yang dihadapi keluarga besarnya selalu bisa diatasi dengan baik termasuk semua sahabat yang pernah menjadi organisasi politik yang menjadi salah satu pimpinan selalu mendapatkan semuanya sukses itulah permohonan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala," ujar SBY.

SBY pun ingin merealisasikan impian almarhumah istrinya tersebut. Dia berharap Tuhan juga mengizinkan memberikan jalan untuk mewujudkannya.

"Kita sedang merancang. Kita sudah mempersiapkan galeri, kemudian juga Cikeas jungle dan semua yang pernah diucapkan insyaallah akan kami melaksanakan semua," ujar SBY.

2 of 3

Ani Yudhoyono Wafat

SBY dan Ani Yudhoyono
SBY dan Ani Yudhoyono (Sumber: Instagram/aniyudhoyono)

Ani Yudhoyono meninggal dunia di National University Hospital, Singapura pada Sabtu 1 Juni 2019 pukul 11.50 waktu setempat. Dia dirawat sejak Februari 2019 karena sakit kanker darah.

Jenazahnya dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada Minggu siang 2 Juni 2019. Presiden Joko Widodo dan para tokoh nasional hadir dalam pemakaman putri Sarwo Edhie Wibowo tersebut.

Pada Hari Raya Idul Fitri 2019, 5 Juni 2019, SBY dan keluarga besarnya sempat ziarah ke makam Ani Yudhoyono. SBY mengenang pembicaraan terakhirnya bersama Ani Yudhoyono. 

"Ibu Ani menjelang Lebaran, dari dulu, termasuk ketika 10 tahun menjadi Ibu Negara memikirkan kalau nanti kami salat Id lalu melakukan halal bi halal, apa pakaian kami," ujar SBY saat berziarah ke makam Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Rabu (5/6/2019). 

Satu hal lagi yang dikenang SBY, Ibu Ani kerap memilih dan mengusulkan busana koko untuk salat Id dan batik untuk halalbihalal.

"Batik yang dipilih Ibu Ani juga umumnya berwarna terang, bukan seperti Lebaran tahun ini, hitam," ucap SBY. 

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait