Sukses

Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub Lampung di Istana Negara

Berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung, Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim unggul atas tiga pasangan lainnya, yakni Herman HN-Sutono, M Ridho Ficardho-Bachtiar Basri dan Mustafa-Ahmad Jajuli.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (Nunik) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6). Keduanya dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 49/P Tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024.

Sebelum dilantik, Jokowi menyerahkan petikan Keppres kepada Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim di Ruang Kredensial, Istana Merdeka. Petikan Keppres tersebut diserahkan langsung oleh Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Mendagri Tjahjo Kumolo.

Usai menyerahkan petikan Keppres, Jokowi bersama Jusuf Kalla diikuti Tjahjo Kumolo dan Arinal Djunaidi- Chusnunia Chalim melakukan prosesi kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara. Tiba di Istana Negara sekitar pukul 10.07 WIB, pelantikan dimulai.

Jokowi kemudian membimbing Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim untuk mengambil sumpah jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung. 

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," ujar Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim meniru ucapan Jokowi.

Setelah pengucapan sumpah, Jokowi yang disusul Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim menandatangani berita acara pelantikan. Selanjutnya Jokowi dan sejumlah menteri Kabinet Kerja serta pimpinan lembaga memberikan ucapan selamat kepada Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim.

Hadir dalam pelantikan ini, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri serta Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil. Kemudian Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menangkan Pilkada Lampung

Sebagai informasi, Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim memenangkan Pilkada Lampung 2018. Berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung, Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim unggul atas tiga pasangan lainnya, yakni Herman HN-Sutono, M Ridho Ficardho-Bachtiar Basri dan Mustafa-Ahmad Jajuli.

Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim meraih 1.548.506 suara atau dengan persentase 37,7 persen. Sedangkan Herman HN-Sutono mendapat raihan suara 1.054.646 atau 25,73 persen, M Ridho Ficardho-Bachtiar Basri dengan raihan suara 1.043.666 atau 25,46 persen dan Ahmad Jajuli dengan raihan suara 452.454 atau 11,04 persen.

Reporter: Titin Supriatin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini