Sukses

JK Puji Sikap AHY Kunjungi Jokowi dan Megawati saat Lebaran

Menurut JK, cara AHY mengunjungi para tokoh sebagai upaya mencairkan situasi politik nasional. Termasuk mempererat kembali hubungan antara Megawati dengan SBY yang sempat merenggang.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mengapresiasi langkah putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mengunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beberapa tokoh lainnya saat lebaran hari pertama 1440 Hijriah. 

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri juga sempat dikunjungi AHY.

"Itu suatu hal yang baik sebenarnya. Apalagi dalam kondisi lebaran untuk silaturahim dengan siapa saja. Justru kita saling memaafkan,” kata JK di kantornya, Selasa (11/6/2019). 

Menurut JK, cara AHY mengunjungi para tokoh sebagai upaya mencairkan situasi politik nasional. Termasuk mempererat kembali hubungan antara Megawati dengan SBY yang sempat merenggang. 

"Semua tahu hubungan Ibu Mega dan SBY agak renggang kan. Jadi justru anaknya, generasi keduanya bagus. Selfie-selfie, itu berarti mencairkan suasana politik nasional,” ujar dia.

JK pun meminta agar pertemuan antara AHY, Jokowi, Megawati dan sejumlah tokoh nasional itu tidak ditafsirkan secara politis.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Mau Spekulasi

Selain untuk silaturahmi, tidak tertutup kemungkinan kunjungan itu untuk menyampaikan terima kasih karena telah hadir dalam acara pemakaman sang ibunda, Ani Yudhiyono beberapa waktu lalu.

"Jangan lihat sebagai sesuatu politik. Jangan hanya dilihat dari sisi politik tapi dari sisi hubungan-hubungan secara nasional,” kata dia.

Mengenai kans Demokrat yang saat ini dipimpin SBY akan bergabung dengan Koalisi Indonesia Kerja, JK tak ingin berspekulasi.

"Ya itu masalah akan datang. Itu tergantung keduanya. Saya belum tahu, saya yakin pembicaraan itu belum ada,” ucap JK mengakhiri.

 

Reporter: Titin Supriatin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • JK