Sukses

Puncak Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan Diprediksi Terjadi Akhir Juni

Jumlah penumpang di terminal Kampung Rambutan hingga H+4 tembus di angka 120.443 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pemudik yang tiba di Terminal Kampung Rambutan terus meningkat. Tercatat sejak H+1 hingga H+4 Lebaran jumah penumpang tembus di angka 120.443 orang.

Namun demikian, Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Kampung Rambutan Thofik mengatakan, arus balik penumpang di Terminal Kampung Rambutan sampai saat ini belum sampai puncaknya.

Dia memperdiksi puncak arus balik terjadi pada pertengahan atau akhir bulan Juni nanti. Penyebabnya, karena masih ada penumpang yang masih mendapatkan libur atau memanfaatkan jatah cuti tahunan. 

"Saya pernah komunikasi dengan penumpang. Mereka sebut ada beberapa yang masih liburan di daerah. Jadi prediksi kami puncak arus balik dua atau tiga hari sebelum masuk nanti sekolah," ungkap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemudik Didominasi dari Jawa Barat

Meski disebut bukan puncak arus balik penumpang, Thofik menyatakan, pemudik sudah berangsur-angsur balik ke DKI Jakarta. .

Dia pun merinci jumlah penumpang pada H+1 sebanyak 6.166 penumpang. Kemudian, H+2 sebanyak 4.116 penumpang. H+3 sebanyak 4 209 penumpang, sementara H+4 terhitung dari pukul 00.00 WIB sampai 08.00 WIB tercatat penumpang yang turun di Terminal Kampung Rambutan mencapai 4.575 penumpang.

"Kami melihatnya mengalami kenaikan tapi tidak langsung signifikan," ucap Thofik ketika ditemui di Kampung Rambutan, Senin (10/6/2019).

Dia menjelaskan, pemudik yang datang ke Jakarta didominasi dari Jawa Barat. Disusul kemudian Jawa Tengah dan terakhir Banten dan Sumatera.

"Dari Jawa Barat seperti Garut, Tasikmalaya, Singaparna. Sementara, Jawa Tengah seperti Pemapang dan Purwokerto," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.