Sukses

Alasan Panglima TNI Lebih Selalu Tampil dengan Baju Loreng di Tiap Kesempatan

Penggunaan pakaian loreng-loreng Panglima TNI dalam setiap acara sempat dipertanyakan anggota DPR RI.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kerap tampil dengan baju loreng TNI atau yang disebut dengan pakaian dinas lapangan (PDL). Jarang Panglima tampil dengan pakaian dinas harian (PDH). Termasuk untuk acara di istana atau laporan kenaikan pangkat para perwira tinggi.

Panglima TNI mengaku memiliki alasan sendiri. Menurutnya menggunakan baju loreng menunjukkan integrasi tiga angkatan darat, laut dan udara.

"Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan," kata Hadi seperti ditulis di situs resmi TNI yang dikutip Senin (10/6/2019).

Presiden Joko Widodo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat menghadiri buka puasa bersama dengan Keluarga Besar TNI - Polri dan Masyarakat di Lapangan Monas, Jakarta, Kamis (16/5/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Anggota Komisi I DPR, Mayjen Purnawirawan Supiadin Aries Saputra beberapa waktu lalu sempat menanyakan hal ini.

Menurutnya masing-masing pakaian dinas ada peruntukannya. Supiadin menjelaskan, PDL loreng hanya digunakan saat latihan atau siaga dalam tugas-tugas di lapangan.

Namun Politikus Partai Nasdem ini juga menduga alasan Marsekal Hadi lebih senang menggunakan pakaian PDL loreng karena mau mengesankan dirinya milik semua matra yang ada di TNI.

 

Reporter: Ramadhian Fadillah

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.