Sukses

TNI-Polri Bersihkan Puing Rumah Korban Rusuh Buton

Pembersihan puing milik warga Desa Gunung Jaya Kecamatan Siotapina dibantu sejumlah warga setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota TNI dan Polri mulai membersihkan rumah warga yang terbakar usai bentrok warga Desa Sampoabalo dan Desa Gunung Jaya Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara.

Pembersihan puing milik warga Desa Gunung Jaya Kecamatan Siotapina dibantu sejumlah warga setempat. Aparat keamanan saling bahu-membahu membersihkan sisa-sisa reruntuhan bangunan yang hangus terbakar.

Komandan Distrik Militer 1413 Buton Letkol Inf Davy Dharmaputra mengatakan, bakti sosial itu merupakan persiapan untuk pembangunan kembali rumah warga yang terbakar.

"Harapannya dengan dilaksanakan kerja bakti pembersihan ini pembangunan rumah akan lebih cepat. Begitu material tiba, bisa langsung dikerjakan," ujarnya dikutip dari Antara, Minggu (9/6/2019).

TNI menerjunkan 100 personel dari Yonif 700, Yonzipur 21 orang, dan Kodim 1413 Buton sebanyak 80 personel.

Rencana kegiatan bersih-bersih tersebut, kata Davy, dilaksanakan hingga pembangunan berjalan.

"Saat ini situasi sudah kondusif dan masyarakat mulai beraktivitas. Tidak ada lagi warga yang membawa senjata tajam," katanya.

Berdasarkan data, bangunan terbakar akibat kerusuhan Buton sebanyak 87 unit. Dalam kejadian ini, dua orang meninggal dunia.

Sebanyak 81 orang yang diamankan pada hari Sabtu 8 Juni. Mereka digiring ke Mapolda Sultra untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.